DetikNews
Senin 04 Februari 2019, 13:22 WIB

Syarat Bagi Kamu untuk Daftar SNMPTN 2019

Rina Atriana - detikNews
Syarat Bagi Kamu untuk Daftar SNMPTN 2019 Foto: Tangkapan layar web SNMPTN 2019
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 dibuka mulai hari ini hingga 10 hari ke depan. Tak sembarang siswa bisa mendaftarkan dalam seleksi ini. Kamu perlu tahu syarat-syaratnya.

Dikutip Senin (4/2/2018), panitia SNMPTN 2019 menyatakan sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN dan Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Adapun untuk siswa, ada empat syarat untuk mengikuti SNMPTN. Pertama, siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul. Kedua, memiliki NISN yang terdaftar di PDSS. Ketiga, memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun dan keempat memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.



Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.
(fjp/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed