detikNews
Minggu 03 Februari 2019, 19:08 WIB

Di Aceh, Sandiaga Bicara Lagi Soal Potensi Industri Halal

Indra Komara - detikNews
Di Aceh, Sandiaga Bicara Lagi Soal Potensi Industri Halal Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga Uno
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno kembali bicara soal potensi industri halal di Indonesia. Dia menyebut Aceh bisa kawasan potensial untuk mengembangkan insdustri halal.

"Aceh punya potensi untuk mengembangkan industri halal. Budaya dan masyarakatnya sudah siap, begitu juga dengan perangkat peraturannya. Insyaallah, mulai dari Aceh, Industri halal di Indonesia bakal maju," kata Sandiaga di Kompleks Dayah Bustanul Huda, Desa Alue Cek Doi, Aceh Timur, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/2/2019).



Sandiaga merasa gemas Indonesia masih berada di posisi 10 sebagai kawasan industri halal. Padahal dia melihat Indonesia punya potensi lebih, apalagi penduduk muslim terbesar di dunia.

"Berdasarkan Global Islamic Economic Indicator Indonesia masih berada di posisi nomor 10 terkait industri halal. Peringkat ini harus kita perbaiki. Negeri ini punya potensi untuk menjadi pusat Industri Halal dunia, dan itu bisa dimulai salah satunya dari Aceh," paparnya.

Sebelumnya, Sandiaga sempat mengatakan akan memprioritaskan industri halal di masa kepemimpinannya. Jika kelak terpilih bersama Prabowo Subianto, dia berjanji menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi halal dunia.



Rencana mantan Wagub DKI itu sempat direspons oleh cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Ma;ruf meenyindir apa yang direncanakan Sandiaga sudah telat.

"Ada yang bilang nanti, katanya akan menjadikan halal dunia, saya bilang telat Ente (Anda, red). Saya bersama MUI sudah 24 tahun ngurusin halal," kata Ma'ruf dalam sambutan acara istigasah dan doa bersama untuk bangsa dalam rangka Harlah Nahdlatul Ulama (NU) di Gelangang Remaja Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (2/2).

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini
(idn/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com