DetikNews
Minggu 03 Februari 2019, 15:03 WIB

Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Ramai Didatangi Pengunjung

Isal Mawardi - detikNews
Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Ramai Didatangi Pengunjung Vihara Dharma Bhakti Mulai Ramai Pengunjung (Isal/detikcom)
Jakarta - Menjelang perayaan tahun baru Imlek, Vihara Dharma Bhakti, Tamansari, Jakarta Barat, ramai pengunjung. Warga dari berbagai usia turut meramaikan Vihara Dharma Bhakti.

Pantauan detikcom, tampak sejumlah pengunjung berdoa di ruangan Kwan Im, Vihara Dharma Bhakti, di Jalan Kemenangan 3 Nomor 13, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (3/2/2019). Mereka terlihat berdoa dengan khusyuk.

Sejumlah pengunjung tampak membakar lilin di area tengah vihara. Asap terlihat menyelimuti vihara. Warga lainnya tampak duduk beristirahat di tepi sudut vihara.


Terlihat pula sejumlah pengunjung mengabadikan momen di vihara. Aktivitas ibadah tak luput dari jepretan. Lantunan musik khas China berdengung di Vihara Dharma Bhakti.

"Persiapan udah semaksimal mungkin lah dari pengurus-pengurus sini," ujar pengurus Vihara Dharma Bhakti, Zhaky Sundoro, ketika ditemui di kantornya.

Zhacky mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pengurus Vihara Dharma Bhakti. Di antaranya kebersihan vihara dan ornamen, pemasangan lampion, pengecatan dinding vihara, dan pencucian patung.

Hal tersebut dilakukan, kata Zhacky, untuk kenyamanan pengunjung. Zhacky mengatakan tidak ada perbedaan dari perayaan imlek di Vihara Dharma Bhakti dengan tahun-tahun sebelumnya.


"Nggak ada, setiap tahunnya sih sama. Sembahyangan aja. Biasanya sih mereka (pejabat) mendadak ngasih kabarnya. Sampai saat ini belum ada," ujar Zhacky.

Zhacky mengatakan jumlah pengunjung meningkat sejak tiga minggu lalu. Dari wartawan hingga turis asing turut meramaikan vihara.

Jelang Imlek, Vihara Dharma Bhakti Ramai Didatangi PengunjungVihara Dharma Bhakti Mulai Ramai Pengunjung (Isal/detikcom)


"Kalau saya lihat sih meningkat ya. Kemarin (tahun lalu) kurang-lebih 6.000 (orang), kalau sekarang sih (diprediksi) 8.000. Karena sekarang sudah lebih nyaman. (Dulu) sempit. Sekarang nyaman," ujar Zhacky.


Simak Juga 'Kemeriahan Imlek di Berbagai Negara':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed