Jokowi: Silakan Ada yang Ngomong Nggak Mau Makan Jalan Tol

Andhika Prasetia - detikNews
Sabtu, 02 Feb 2019 21:54 WIB
Joko Widodo (Foto: dok. Kementerian PUPR)
Semarang - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) blak-blakan membeberkan alasan pemerintah mengebut pembangunan jalan tol. Jokowi mempersilakan bila ada yang mengkritik kebijakannya.

"Kalau jalan ini ada, siap, Tol Trans Jawa siap, Tol Trans Sumatera siap, kecepatan distribusi barang, mobilitas orang, ini akan bersaing dengan negara lain, itu akan cepat sekali. Silakan ada orang ngomong kepada saya, 'Pak, kita nggak mau makan jalan tol,'" ujar Jokowi saat bertemu dengan Paguyuban Pengusaha Jawa Tengah di MG Setos, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019).


Jokowi membandingkan Indonesia, yang baru tersambung jalan tol sepanjang 780 kilometer. Angka ini jauh dari China, yang disebutnya punya jalan tol sepanjang 280 ribu kilometer.

Dia pun menilai akan sulit menjelaskan kepada orang yang tak paham ekonomi makro, apalagi kepada orang yang memang membenci dirinya, maka penjelasan apa pun tak akan nyambung.

"Ya kalau nggak ngerti teori ekonomi makro, sulit saya menjelaskan. Atau kalau memang benci dan nggak senang, dijelaskan kayak apa ya nggak nyambung," ucap Jokowi.

(dkp/haf)