Permudah Warga, Perekaman e-KTP di Depok Dibuka Saat Akhir Pekan

Guruh Nuary - detikNews
Sabtu, 02 Feb 2019 19:25 WIB
Foto: Guruh Nuary/detikcom
Depok - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menginstruksikan perekaman dan pencetakan e-KTP massal pada akhir pekan. Tujuannya untuk mempermudah warga yang bekerja pada hari lainnya.

"Kan banyak yang kerja, sekolah, kan banyak perekam pemula juga kan. Jadi posisinya hari libur diharapkan memang punya waktu untuk bisa datang ke kelurahan di hari Sabtu dan Minggu. Intinya, ada sebuah pelayanan yang ekstra yang diberikan untuk warga," kata Lurah Gandul, Musalim, saat ditemui di kediamannya di Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019).


Dia menyatakan perekaman dan pencetakan e-KTP secara massal dilakukan di seluruh kelurahan di Depok pada Sabtu dan Minggu, 2-3 Februari 2019. Pencetakan dilakukan baik untuk perekam baru maupun yang statusnya sudah terekam (print ready record).

"Itu dilakukan dari data yang memang sudah valid atau yang sudah masuk. Itu bisa dilakukan dengan pencetakan secara langsung, itu intinya," ujarnya.

Musalim belum menghitung secara pasti jumlah warga yang melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP hari ini. Namun, dia menyebut, warga antusias dengan perekaman dan pencetakan e-KTP secara massal ini.

"Belum tahu ya, karena memang ini juga masih penghitungan. Yang jelas, tadi ada puluhan warga dan mereka sangat antusias," tuturnya. (haf/jbr)