detikNews
Sabtu 02 Februari 2019, 05:24 WIB

Dukung Rencana Eskpor Tempe, Sandi Singgung Defisit Neraca Perdagangan

Yulida Medistiara - detikNews
Dukung Rencana Eskpor Tempe, Sandi Singgung Defisit Neraca Perdagangan Sandiaga Uno (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya berencana mengekspor tempe ke luar negeri. Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mensyukuri rencana tersebut.

"Alhamdulillah kalau bisa ekspor tempe," ujar Sandiaga, di kawasan hutan terbuka Sangga Buana, Jl Karang Tengah Raya, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019).

Sandiaga lalu menyinggung soal defisit neraca perdagangan Indonesia. Dia mengatakan pemerintah harus melakukan ekspor untuk mengurangi defisit neraca perdagangan itu.

"Saya sangat mendukung (ekspor tempe) karena defisit neraca perdagangan ini terburuk sejak tahun 1975. Apapun yang bisa kita ekspor untuk mendukung bahwa industri dalam negeri bisa menciptakan lapangan kerja dan mengurangi defisit neraca perdagangan kita ya kita apresiasi," ujar Sandiaga.



Sandiaga mengklaim isu tempe ini pertama kali diangkat olehnya. Namun, apapun itu, eks Wagub DKI itu mendukung rencana pemerintah mengekspor tempe.

"Kami yang pertama kali mengangkat isu tempe ini dan kami mengapresiasi kalau pemerintah sekarang menaruh perhatian dan mendorong potensi ekspor tempe tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Indonesia tengah mempersiapkan untuk ekspor tempe ke luar negeri. Enggar menyebut ekspor tempe ini akan menjadi yang pertama kali yang dilakukan Indonesia.


Rencana ekspor ini diinisiasi oleh Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo). Enggar akan bertemu dengan Ketua Gakoptindo Ayip Syarifudin untuk membahas rencana tersebut.

Terkait isu tempe ini sebelumnya pernah disinggung Sandiaga Uno. Sandiaga menyebut harga sejumlah bahan pokok, salah satunya tempe, terus meningkat. Menurut Sandiaga, karena harganya meningkat, ukuran tempe saat ini setipis kartu ATM.

"Kita sangat khawatir, prihatin dengan keadaan ekonomi dan kita ingin menyuarakan aspirasi rakyat. Tempe katanya sekarang sudah dikecilkan dan tipisnya udah hampir sama dengan kartu ATM," kata Sandiaga di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 7 September 2018.
(yld/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com