ADVERTISEMENT

Jokowi Tak Sebut '2' di Ponpes Mbah Moen: Kehadiran yang ke-1 Tambah 1

Ray Jordan - detikNews
Jumat, 01 Feb 2019 19:05 WIB
Foto: Presiden Jokowi bertemu Mbah Moen di Ponpes Al Anwar, Rembang, Jateng. (Ray Jordan/detikcom)
Rembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Pondok Pesantren Al Anwar, Rembang, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan kehadirannya ke ponpes itu bukanlah yang pertama kali, namun Jokowi tak mau menyebut angka dua.

"Ini kehadiran saya untuk yang kesatu ditambah satu," kata Jokowi di Ponpes Al Anwar, Jl Karangmangu, Rembang, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan beberapa pesan kepada para santri yang disaksikan langsung oleh pengasuh Ponpes Al Anwar KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen. Jokowi mengingatkan tentang besarnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.



"Bangsa kita ini adalah bangsa yang besar. Tantangan yang dihadapi juga tantangan besar. Penduduk kita 260 juta, yang hidup di pulau Jawa kurang lebih 149 juta, sisanya hidup di 17 ribu pulau yang kita miliki," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, Indonesia dianugerahi dengan keberagaman, mulai dari agama, suku, adat, tradisi dan bahasa daerah. Keberagaman itu, sebut Jokowi, harus terus dijaga.

"Ini sangat penting sekali, jangan sampai karena hal kecil perbedaan pilihan baik pilihan bupati, wali kota, gubernur dan pilihan presiden kita seperti tidak sebagai saudara sebangsa tanah air. Namanya pemilu, pilkada, pilpres setiap 5 tahun selalu ada, selalu ada," kata Jokowi.

Usai sambutan, Jokowi menunaikan salat Magrib berjamaah dengan Mbah Moen, santri dan warga. Turut mendampingi Jokowi yakni Ibu Negara Iriana, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (jor/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT