DetikNews
Jumat 01 Februari 2019, 15:40 WIB

Rudiantara Dikritik, Golkar Pertanyakan Komitmen Tim Prabowo soal ASN Netral

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rudiantara Dikritik, Golkar Pertanyakan Komitmen Tim Prabowo soal ASN Netral Foto: Ace Hasan (Dok. Twitter DPR RI)
Jakarta - Kubu Prabowo Subianto mengkritik pernyataan Menkominfo Rudiantara soal kata-kata 'yang gaji kamu siapa'. Golkar mempertanyakan komitmen sang rival akan aparatur sipil negara (ASN) harus netral.

"Kalau kubu 02 menyesalkan tindakan itu, artinya justru mereka inginnya ASN itu tidak netral? Saya mempertanyakan komitmen mereka terhadap ASN yang seharusnya netral," ujar Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).


Kritikan itu sebelumnya disampaikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno dan Partai Gerindra. Mereka menilai pernyataan Rudiantara kepada salah satu pegawainya itu bahaya dan karena emosi.

Ace pun meminta kubu Prabowo untuk melihat secara utuh pernyataan Rudiantara. Sebab, Rudiantara sebelumnya telah mewanti-wanti para ASN untuk tidak mengaitkan dengan Pilpres. Namun, sayangnya sang ASN malah bersikap sebaliknya.

"Harus dilihat secara utuh apa yang disampaikan Pak Rudiantara. Beliau justru menegaskan agar para ASN ini netral. ASN jangan mengkampanyekan salah satu pasangan tertentu. Salah satu ASN kan jelas-jelas mengkampanyekan pasangan tertentu," katanya.

"Pak Rudiantara menegaskan supaya ASN itu netral karena dia digaji oleh uang negara. Jangan menggunakan jabatannya sebagai ASN untuk kepentingan politik," imbuh Ace.


Pernyataan Rudiantara bermula saat dia meminta pegawainya memilih satu di antara dua desain stiker, Kamis kemarin (31/1). Konteksnya sebetulnya bukan mengenai pilihan di Pilpres 2019, melainkan memang melalui voting sorakan terdengar lebih banyak yang memilih desain nomor 2 yang berwarna putih.

Seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 lalu ditanya alasannya oleh Rudiantara. Pegawai itu lalu memberi jawaban yang mengarah ke Pilpres. Saat pegawainya itu kembali ke tempat, terlontarlah pertanyaan dari Rudiantara 'yang gaji kamu siapa'.

Kebetulan di Pilpres 2019, pasangan nomor 02 adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan Presiden Jokowi yang merupakan petahana dan berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 01.
(mae/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed