Hirup Gas Beracun, 2 ABK Asal Myanmar Tewas di Merak

M Iqbal - detikNews
Jumat, 01 Feb 2019 12:02 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Cilegon - Dua awak buah kapal (ABK) Green World berbendera Panama tewas diduga menghirup gas beracun di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten. Kedua ABK merupakan warga negara Myanmar.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, saat kapal itu baru sandar di Pelabuhan Indah Kiat. Kedua ABK membuka palka kapal yang berisi bahan baku kertas. Di dalam palka, gas beracun menyeruak kemudian terhirup oleh ABK.

"Meninggal 2 orang dibawa ke rumah sakit diduga keracunan gas Tadi pagi itu kapal baru nyandar mereka ngebuka palka, ngebuka kayu. Nah uap dari kayu itu kehirup sama orang itu," kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Banten, Kompol Zamrul saat dikonfirmasi, Jumat (1/2/2019).



Pihak kepolisian kemudian langsung membawa ke rumah sakit terhadap kedua korban. Zamrul mengatakan, pihaknya hanya melaksanakan penanganan awal.

"Kalau kejadian itu subuh sekitar jam 5. Untuk pemeriksaannya Polres, untuk lebih detail di Polres karena kita hanya penanganan awal aja," ujarnya.



Petugas Inafis dari Polres Cilegon langsung turun ke tempat kejadian perkara untuk melakukan olah TKP.

Saat ini, korban WNA sudah berada di rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

"Olah TKP Polres kita pennganan awal aja dari. Kapalnya berbendera Panama itu warga negara Myanmar," tutupnya. (rvk/gbr)