DetikNews
Jumat 01 Februari 2019, 01:31 WIB

Menkeu SBY Heran Utang Jadi Isu Politik, TKN: Sebelah yang Goreng

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Menkeu SBY Heran Utang Jadi Isu Politik, TKN: Sebelah yang Goreng Johnny G Plate. Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sepakat dengan pernyataan Menteri Keuangan era 2013-2014 Chatib Basri, yang menyebut hanya di Indonesia, utang negara menjadi isu politik. TKN meyakini persoalan utang merupakan isu yang dibesar-besarkan oleh lawan politik.

"Betul bahwa di Indonesia utang luar negeri dijadikan isu politik dan dilakukan dengan tidak bertanggung jawab yang hanya akan merusak perekonomian nasional. Merugikan negara dan masyarakat dan hanya demi kepentingan politik sesaat," kata Wakil Ketua TKN Johnny G Plate kepada wartawan, Kamis (31/1/2019) malam.

Johnny menuturkan ekonomi Indonesia dalam keadaan baik. Dia bahkan menilai ekonomi di Indonesia tidak begitu terdampak akibat perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

"Ekonomi Indonesia dalam keadaan yang baik, makroekonomi nasional kita juga dalam ukuran yang baik di tengah perekonomian dunia yang tidak menentu. Khususnya sebagai akibat dari pelambatan pertumbuhan ekonomi global dan perang dagang di antara negara-negara raksasa ekonomi. Seperti antara Amerika Serikat dan Tiongkok, yang belum mencapai kesepakatan dalam perundingan dagang bilateral mereka," jelas Johnny.



Johnny menyebut isu mengenai utang adalah persoalan yang dilebih-lebihkan oleh kubu oposisi. "Yang 'goreng' siapa, ya? Kan dari kelompok sebelah yang selalu goreng-goreng," sebutnya.

Sebelumnya, Chatib Basri mengatakan isu utang hanya ramai dibahas di Indonesia. Menurut Menteri Keuangan era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, isu serupa tidak ramai dibahas di negara lain.

"Negara lain nggak, di sini saja," kata Chatib dalam Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Kamis (31/1).



Saksikan juga video 'Mantan Menkeu Sebut Utang di Rezim Jokowi Enggak Jelas!':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed