DetikNews
Kamis 31 Januari 2019, 21:20 WIB

Pertamina EP Terima Penghargaan Proper Hijau dari Gubernur Sumut

Muhammad Idris - detikNews
Pertamina EP Terima Penghargaan Proper Hijau dari Gubernur Sumut Foto: Pertamina
Medan - Pertamina EP Asset 1 Pangkalan Susu Field selaku kontraktor kontrak kerja sama di bawah supervisi dan koordinasi SKK Migas yang juga anak usaha PT Pertamina (Persero) memperoleh penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi kepada Pangkalan Susu Field Manager, Gondo Irawan, di Medan, Senin (28/01/2019). Proper Hijau tersebut bagian dari 69 Proper Hijau yang diraih Pertamina melalui unit-unit usahanya periode tahun 2017-2018 disamping 13 Proper Emas.

Sesuai Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 127 Tahun 2002, Proper Hijau merupakan penghargaan atas usaha perusahaan mengelola lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan Corporate Social responsibility (CSR) kedepan harus lebih pasti dengan koordinasi yang baik antara pemerintah dengan perusahaan terutama dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan sinergi dengan semua unsur yang ada.


Sementara Pangkalan Susu Field Manager, Gondo Irawan menegaskan suatu perusahaan harus memberikan dampak yang positif disekitar wilayah operasi dengan sinergi yang baik dan melalui program pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Pertamina EP Pangkalan Susu Field, sejak tahun 2013 telah mendapatkan penghargaan proper hijau melalui program pemberdayaan yang sudah dilakukan diantaranya Ekowisata Mangrove, kader lingkungan dan bank sampah, program pemberdayaan masyarakat melalu kerajinan Purun dan Sulam, budidaya lele, udang dan kepiting serta rumah baca.

PROPER merupakan program penilaian dari pemerintah kepada perusahaan tentang kinerja perusahaan dalam engelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER-LH).

Program PROPER adalah salah satu program unggulan KLHK yang dikembangkan sejak 2002 dengan tujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi.


(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed