DetikNews
Kamis 31 Januari 2019, 17:38 WIB

10 Hari ke Depan Jakarta akan Alami Curah Hujan Tinggi

Matius Alfons - detikNews
10 Hari ke Depan Jakarta akan Alami Curah Hujan Tinggi Pakar hidrometeorologi Armi Sudayana. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Jakarta akan mengalami curah hujan tinggi pada awal Februari ini. Pakar hidrometeorologi Armi Sudayana memperkirakan curah hujan tinggi akan mengguyur Ibu Kota selama 10 hari.

"Pertama, daerah Jakarta merupakan daerah yang akan berpotensi hujan tinggi pada bulan Februari, 10 hari pertama tanggal 1-10 Februari," kata Armi kepada wartawan saat konferensi pers di aula gedung BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019).



Menurut Armi, Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas 30-55 milimeter (mm). Armi meminta warga Jakarta tetap waspada.

"Curah hujan 30-50 mm per hari untuk 10 hari pertama bulan Februari. Nah, ini waspada sebenarnya. Harapan kita, 10 hari ini tidak ditumpuk 1 hari, tapi dibagi-bagi. Tapi kita nggak tahu karena itu alam," ucap Armi.

Tak hanya untuk warga Jakarta. Armi juga mengimbau Pemprov DKI menyiapkan alat-alat untuk mengantisipasi genangan dan banjir.



"Saluran, pompa harus baik, kemudian masyarakat juga siap siaga dan dampak yang akan terjadi, hindari tempat yang rendah, sebaiknya dikasih alat-alat, tanggul, itu efektif aman," jelas Armi.

Armi mengatakan ada sejumlah wilayah yang berpotensi diterjang banjir. Selain beberapa daerah di Jawa, ada sejumlah daerah di Sumatera yang memiliki potensi itu.

"Paling besar di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan wilayah Sumatera, khususnya Aceh," ujarnya.




Tonton juga video 'Cuaca Buruk, Penumpang Kapal Tujuan Madura Terlantar di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed