detikNews
Kamis 31 Januari 2019, 16:56 WIB

Mayjen Eko Margiyono Resmi Jabat Pangdam Jaya

Ibnu Hariyanto - detikNews
Mayjen Eko Margiyono Resmi Jabat Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono saat mengikuti tradisi pedang pora bersama istri (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Mayjen TNI Eko Margiyono mengikuti upacara serah terima jabatan (sertijab) Pangdam Jaya. Eko menggantikan Mayjen TNI Joni Supriyatno yang dipromosikan sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Upacara berlangsung di halaman Kodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (31/1/2019). Upacara diawali tradisi pedang pora yang dilanjut sambutan dari Mayjen Joni.

"Beliau ini orang lama di Kodam Jaya, pernah menjabat Kasdam Jaya dan saya yakin Kodam Jaya akan lebih maju di tangan beliau," ucap Joni dalam sambutannya.



Mayjen Eko Margiyono Resmi Jabat Pangdam JayaMayjen TNI Eko Margiyono melakukan salam komando dengan Mayjen TNI Joni Supriyatno (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Harapan itu disambut Mayjen Eko dengan amanah. Dia berjanji akan membawa Kodam Jaya ke arah yang lebih baik.

"Jakarta sebagai barometer di negeri ini. Jika apa yang terjadi di Jakarta geger negeri ini, makanya kita jaga Jakarta agar lebih aman," ucap Eko.

"Tentara harus netral dalam pemilu, tidak boleh memihak. Jabarkan pada komandan satuan, jangan ada yang bermain dengan netralitas TNI," imbuh Eko.

Mayjen TNI Eko Margiyono lahir pada 12 Mei 1967 di Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah jabatan strategis pernah ia duduki. Dia pernah menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Kodam Jaya pada tahun 2012-2014. Pada tahun 2017, ia menjabat sebagai Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya.

Ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil. Terakhir, Eko menjabat sebagai Danjen Kopassus ke-30 pada tahun 2018-2019.
(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com