DetikNews
Kamis 31 Januari 2019, 16:45 WIB

Sering Banjir, Saluran Air Kolong Tol JORR Kalimalang akan Diperlebar

Isal Mawardi - detikNews
Sering Banjir, Saluran Air Kolong Tol JORR Kalimalang akan Diperlebar Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Bekasi - Kolong Jalan Tol JORR di Kalimalang, Bekasi, kerap terendam banjir ketika hujan turun. Untuk mengantisipasi hal itu, saluran air di kolong jalan tol tersebut akan diperlebar.

"Baru dirapatin kemarin. Mudah-mudahan di pertengahan Februari sudah dilakukan pekerjaan fisik," ujar Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi Arief Maulana di kantornya, Jalan Lapangan Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (31/1/2019).

Arief mengatakan saluran air akan diperlebar dengan dimensi lebar 80 cm dan tinggi 1 meter. Pengerjaan diprediksi selama 3 bulan.

"Targetnya April sudah selesai. Juni sudah tuntas (bisa digunakan)," ujar Arief.

Sebelumnya, lebar saluran air hanya 40 cm. " Biar orang (petugas) bisa masuk ke dalam untuk pemeliharaan," ucapnya.

Untuk dana perbaikan saluran air, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Bekasi mendapat bantuan dari pengembang Jalan Tol Becakayu.

"Pembiayaan dari pengembang Tol Becakayu dan Kota Bintang dia kan mengganti. Saya harap dapat membantu kapasitas kolam isap," lanjutnya.

Arief mengatakan banjir di kolong Jalan Tol JORR terjadi karena kecilnya saluran air yang tidak sebanding dengan debit air ketika hujan turun. Arief menyebut pelebaran saluran air ini dapat mengatasi permasalahan banjir di kolong jalan tol tersebut.

"Insyaallah saya yakin (banjir tuntas)," ujar Arief.

Selama ini, kolong Jalan Tol JORR di Kalimalang, Bekasi, memang sering terendam banjir. Ketinggian banjir hingga sepaha orang dewasa.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed