Marsdya Bagus Puruhito Resmi Jabat Kabasarnas Gantikan M Syaugi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 31 Jan 2019 09:52 WIB
Marsdya Bagus Puruhito sertijab Kabasarnas dengan Marsdya M Syaugi. (Eva Safitri/detikcom)
Marsdya Bagus Puruhito sertijab Kabasarnas dengan Marsdya M Syaugi. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Marsdya TNI Bagus Puruhito resmi menjabat Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas). Marsdya Bagus menggantikan Marsdya TNI (Purn) M Syaugi.

Serah-terima jabatan (sertijab) dilaksanakan di Ruang Serba Guna lantai 15 Gedung Basarnas, Jl Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2019). Sertijab dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam sambutannya, Budi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada M Syaugi atas jasa yang diberikan selama memimpin Basarnas. Kepada Kabasarnas yang baru Bagus Puruhito, Budi berharap dapat melanjutkan koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait.

"Atas nama pribadi dan atas nama kelembagaan, saya mengucapkan terima kasih semoga apa yang Pak Syaugi lakukan mendapatkan ganjaran amalan dari Yang Maha Kuasa. Kini Pak Bagus dilantik menjadi Kabasarnas yang baru, pasti Pak Bagus ini memiliki kapasitas yang luar biasa, kita doakan Pak Bagus biasa kerjasama dengan baik dengan semua stakeholder yang ada," katanya.

"Banyak hal dan koordinasi yang harus dilakukan. Kemudian hanya kekurangan yang harus kita tingkatkan, oleh karenanya kepada Pak Bagus saya ingatkan bahwa koordinasi sangat penting," lanjut Budi.


Selain itu, Budi meminta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, yang juga turut hadir, memberikan dukungan penuh kepada Basarnas. Mengingat selama ini Basarnas memiliki prestasi yang baik.

"Dan kebetulan Pak Bambang yang hadir ada di sini, jadi kalau mengajukan anggaran gampang ya Pak. Karena kita tahu Basarnas telah menciptakan prestasi yang baik. Saya yakin lembaga ini semakin baik dan semakin dicintai oleh masyarakat. Oleh karenanya, marilah Pak Bambang kita dukung lembaga ini menjadi lembaga yang ber-legitimate dan menjadikan suatu kebanggaan," ucapnya.

Diketahui, Marsdya Bagus merupakan 1 dari 104 perwira tinggi TNI yang dirotasi dan dipromosikan jabatannya. Marsdya Bagus sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Lemhannas. Lulusan AAU 1984 itu pernah menjadi Ajudan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009.

Sebelum menjadi Wagub Lemhannas pada akhir 2015, pria asal Purwokerto, Jawa Tengah, itu menjabat Wakil KSAU sejak Mei 2014. Bagus juga pernah menjadi Pangkoopsau I, Dankodikau, juga Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.


Simak Juga 'Kabasarnas, Sepakbola, dan Mau Urus PSSI Usai Pensiun':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/mae)