Mengenal Udang Vaname yang Loncat dan Lukai Tangan Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 30 Jan 2019 13:35 WIB
Presiden Jokowi saat panen raya udang vaname di Muara Gembong, Bekasi. (Foto: dok. Setkab)
Jakarta - Dalam acara panen udang di Muara Gembong, tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipatil udang jenis vaname. Tangan Jokowi sampai berdarah karenanya.

Saat Jokowi mengangkat jala, terlihat tumpukan udang jenis vaname. Beberapa udang meloncat. Jokowi lantas mengutip udang yang tercecer di luar. Satu persatu dia masukkan ke dalam ember. Namun saat mengambil salah satu udang, tangan Jokowi berdarah.

"Tadi kena patil udang. Berdarah banyak tadi," ujar Jokowi di Desa Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).


Sebenarnya, apa itu udang vaname?

Dikutip dari jurnal akuakultur karya Tahe dan Suwoyo (2011), udang vaname atau Litopenaeus vannamei memiliki nama lain Pasific white shrimp, West coast white shrimp dan Camaron blanco langostino. Sedangkan nama FAO-nya adalah White leg shrimp, Crevette pettes blanches, Camoron pattiblanco (Holthius et al., 1980). Sedangkan menurut Poernomo (2002), keunggulan udang ini memiliki kepadatan tebar tinggi, hingga tahan terhadap goncangan lingkungan.

Udang vanameUdang vaname (Foto: FAO)

Morfologi udang vaname atau udang putih sama seperti udang pada umumnya. Kordi (2007) menjelaskan, bagian kepala udang menyatu dengan bagian dada (cephalothorax) yang terdiri dari 13 ruas (5 ruas di kepala dan 8 ruas di dada). Bagian badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas serta sepasang anggota badan atau kaki renang. Bagian kepala udang dilindungi oleh cangkang yang meruncing, disebut cucuk kepala atau rostrum.


Menurut Kordi (2012) udang vaname berasal dari perairan Amerika dan Hawai dan sukses dikembangbiakkan di berbagai negara di Asia. Udang vaname merupakan salah satu spesies unggul dan mulai dikulturkan di tambak-tambak Indonesia sejak tahun 2002.

Untuk di Muara Gembong, tempat Jokowi memanen, ada 10 kolam budidaya seluas 2,8 hektare dan 7 kolam di antaranya ditebar 594.884 benih udang. Pada budidaya siklus ke-2, penebaran dilaksanakan 1 November 2018 dan dipanen raya hari ini.

Udang jenis vaname di Muara Gembong, Bekasi.Udang jenis vaname saat diberi es. (Foto: KLHK)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar turut hadir dalam panen raya ini. Siti mengatakan, tangan Jokowi terpatil bagian rostrum udang.

"Iya, karena tadi udangnya pas aktif meloncat-loncat saat sedang jalanya diambil," ujar Siti kepada detikcom.


Simak Juga 'Jokowi Berdarah, Tangannya Kena Patil Udang':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fjp)