DetikNews
Rabu 30 Januari 2019, 10:24 WIB

Duh! Sate Padang Mengandung Babi Ditemukan di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Duh! Sate Padang Mengandung Babi Ditemukan di Sumbar Ilustrasi (dok.detikcom)
Padang - Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, dan Balai POM Kota Padang mengamankan seorang pedagang sate Padang karena menjual sate daging babi. Pedagang ini menjual sate daging babi tanpa memberitahu pelanggannya yang sebagian besar warga lokal yang beragama Islam.

Operasi itu digelar pada Selasa (29/1/2019) petang. Puluhan petugas mendatangi pedagang sate bermerek 'KMS' di depan Tugu Padang Area di Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur.

"Kita dapat laporan sejak Oktober. Lalu kita beli untuk sampel. Pemeriksaan agak lama karena sampel dikirim ke Balai POM Aceh yang peralatannya lebih canggih. Nah, hasilnya baru keluar tanggal 21 Januari lalu. Sekarang baru kita eksekusi," kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Padang Novita Latina kepada detikcom di lokasi.

Menurut Novita, sate tersebut positif menggunakan daging babi. Apa dampaknya?

"Umat muslim kan haram makan daging babi. Orang sini muslim semua. Mereka bisa saja menjual sate babi, tapi harus dituliskan di depan gerobaknya kalau itu sate babi," kata dia.

Saat diamankan, pedagang sate mencoba menyembunyikan daging babi tersebut. Berkat kejelian petugas, sate daging babi itu ditemukan dalam got di sekitar dapur pemilik sate.

"Ini sudah kita curigai sejak lama," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal kepada detikcom.


Ia menyatakan pedagang nakal berinisial 'Bus' itu kini diamankan bersama barang bukti berupa daging babi, sate, dan gerobak penuh ketupat siap jual untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sate 'KMS' merupakan merek dagang usaha sate terkenal di Kota Padang karena punya banyak cabang di berbagai lokasi. Petugas sedang memeriksa keterkaitan sate daging babi KMS ini dengan usaha sejenis.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed