Warga Desa di Gresik Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Berkebun

Akfa Nasrulhak - detikNews
Selasa, 29 Jan 2019 14:47 WIB
Foto: Dok Pertamina
Jakarta - Desa Doudo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, memiliki potensi pekarangan rumah yang cukup luas untuk dikembangkan sebagai lahan produktif tanaman pangan maupun tanaman hias. Potensi pekarangan tersebut kini telah dimanfaatkan masyarakat untuk menanam berbagai tanaman seperti tanaman buah, sayur, hias dan peneduh.

Asti Sufana, Kepala Desa Doudo menyampaikan peran aktif masyarakat Desa Doudo dalam memanfaatkan lahan pekarangan telah memberikan efek yang sangat positif bagi kemajuan Desa Doudo.


"Selain berbagai penghargaan dari tingkat Kabupaten ke tingkat Nasional, hal ini dibuktikan juga dengan munculnya kampung tematik di tiap RT yang terdiri atas kampung Si Cantik Cerdas, Kampung Sayur, Kampung Toga, Kampung 3R, Kampung Elink dan Kampung Aloevera," ujar Asti, Selasa (29/1/2019).

Sementara itu Prof Dr Ir Rizal Syarief, DESs selaku Ketua Dewan Penasehat CARE LPPM IPB, menjelaskan Desa Doudo juga bisa memanfaatkan limbah hewan ternak untuk pupuk alami di pekarangan dan pertanian di sawah.

"Adapun potensi yang lain yakni aktifitas ibu-ibu di rumah yang setiap harinya menghasilkan limbah dapur (sampah organik). Maka dari itu, pada hari ini kami mengajak bapak ibu masyarakat Desa Doudo untuk mulai memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan pupuk organik yang ramah lingkungan, murah dan mudah dibuat," jelas Rizal.

Poleng Field Manager, Andri Haribowo menegaskan komitmen Poleng Field dalam pelaksanaan CSR bertema Edu Green Village di Desa Doudo.

"Melihat potensi pekarangan dan antusiasme masyarakat Desa Doudo, kami dari PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field ingin membantu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan suatu produk unggul dari Desa Doudo yang dapat dikelola secara optimal," ungkap Andri.


Sebagai informasi, PT Pertamina EP (PEP) menjalankan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, salah satunya diwujudkan dalam bentuk program pelatihan 'Biocyclo Farming dalam Rangka Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan' yang diselenggarakan oleh unit Asset 4 Poleng Field.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Doudo, Rabu (23/1) bekerja sama dengan LPPM Care IPB. Desa Doudo berlokasi di wilayah ring satu operasional Poleng Field. (ega/mul)