DetikNews
Selasa 29 Januari 2019, 09:10 WIB

Aktivis Rahman Tolleng Meninggal Dunia

Rivki - detikNews
Aktivis Rahman Tolleng Meninggal Dunia Tim Infografis-detikcom
Jakarta - Aktivis gerakan 66, Rahman Tolleng, berpulang pada pagi ini. Rahman Tolleng merupakan aktivis Gerakan Mahasiswa Sosialis (GMSos).

Kabar duka Rahman Tolleng disampaikan oleh budayawan Goenawan Mohamad lewat akun Twitter. Goenawan Mohamad menyebut, Rahman berpulang tadi pagi.

"Rahman Tolleng, aktivis Gerakan Mahasiswa Sosialis (GMSos) sejak akhir tahun 1950-an meninggal pagi ini di Jakarta. Pejuang demokrasi yang konsisten, tanpa pamrih, berkali-kali gagal - tanpa putus asa. Sahabat yang tak selamanya sepaham," ujar Goenawan lewat akun Twitternya @gm_gm, Selasa (29/1/2019).



Goenawan juga memposting foto almarhum Rahman Tolleng dengan Wimar Witoelar. Dia mengatakan, Rahman adalah pejuang demokrasi tanpa pamrih.

"Rahman Tolleng dan sahabatnya, Wimar Witoelar. Bung Rahman bukan penggemar puisi, tapi ada satu sajak yang ia selalu kenang, dari penyair Belanda Hanriette Roland Holst: "Kita adalah angkatan yang musti punah/Agar tumbuh generasi yang lebih sempurna di atas makam kami," tulis GM.



Mantan Menkeu Chatib Basri juga menyampaikan duka cita lewat akun Twitter-nya. Chatib menjelaskan, Rahman merupakan sahabat sekaligus gurunya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Duka yang amat dalam pagi: telah meninggal dunia sahabat, kakak dan guru saya A. Rahman Tolleng. Nama yang akan tercatat dalam sejarah politik Indonesia. Saya akan selalu kenang, diskusi dan obrolan politik kita. Selamat jalan Bos," tulis @ChatibBasri.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed