detikNews
Senin 28 Januari 2019, 10:55 WIB

Ratas Transportasi, JK Samakan Jakarta dengan Singapura-Bangladesh

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Ratas Transportasi, JK Samakan Jakarta dengan Singapura-Bangladesh Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka rapat terbatas (ratas) terkait penanganan transportasi di wilayah Jabodetabek. JK lalu menyamakan Jakarta dengan Singapura dan Bangladesh.

"Ini Jakarta kalau kita ada di Jalan Thamrin itu seperti di Singapura, tapi kalau kita di belakangnya, itu Tanjung Priok seperti Bangladesh," kata JK saat membuka ratas di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Hadir dalam rapat tersebut sejumlah kepala daerah di Jabodetabek, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Bogor Ade Yasin, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, hingga Wali Kota Depok Mohammad Idris.


Ada juga sejumlah Menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Rapat ini untuk membicarakan tentang sistem transportasi ke depan di Jabodetabek," ujar JK.

JK pada pagi tadi sempat meninjau sejumlah titik kemacetan di wilayah Jabodetabek menggunakan helikopter milik TNI AU. Hal tersebut bertujuan mengetahui lebih jelas apa yang terjadi dan apa yang harus dilaksanakan terkait transportasi di Jabodetabek.

"Pertanyaannya adalah apakah masalah kita hanya transportasi, dan apakah, atau bagaimana transportasi bisa menjalankan yang lain," ucap JK.
(nvl/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com