Peserta Harlah Ke-73 Muslimat NU Bubar, Lalin Sekitar GBK Macet

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 27 Jan 2019 10:41 WIB
Lalu lintas sekitar GBK. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Peringatan hari lahir (harlah) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) ke-73 telah selesai. Para anggota jemaah mulai membubarkan diri dan lalu lintas sekitar Gelora Bung Karno (GBK) terpantau macet.

Pantauan detikcom pukul 10.10 WIB, Minggu (27/1/2019), di kawasan GBK terlihat jemaah mulai membubarkan diri. Kepadatan terutama terlihat dari Jalan Gatot Subroto menuju Jalan Gerbang Pemuda, bahkan hingga Jalan Asia-Afrika.

Kendaraan roda empat tidak dapat melajukan kendaraannya. Bus jemaah yang datang dari dalam ataupun luar kota terlihat antre di sisi kanan dan kiri jalan.


Jemaah terlihat berkerumun di beberapa titik di trotoar GBK. Mereka terlihat menunggu rombongannya lengkap sebelum menuju bus untuk melakukan perjalanan pulang.

Peserta Harlah ke-73 Muslimat NU Bubar, Lalin Sekitar GBK Macet Foto: Eva Safitri/detikcom

Sesekali petugas kepolisian yang berjaga mengatur jamaah agar tidak berhenti di trotoar.

Acara peringatan Harlah Muslimat NU ke-73 yang dimulai sejak dini hari tadi telah usai dilaksanakan. Acara itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, yang didampingi Iriana.


Jokowi menitipkan pesan kepada Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) untuk terus merawat persatuan dan kerukunan sesama. Jokowi tak ingin perbedaan yang ada malah membuat masyarakat Indonesia tak bersatu.

"Marilah kita jaga ukhuwah kita, ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah kita. Jangan sampai dengan adanya perbedaan yang tadi saya sebutkan kita tak seperti saudara," tuturnya. (eva/rna)