Gempa M 6,6 di Kepulauan Aru, Warga Berhamburan ke Luar Rumah

Muslimin Abas - detikNews
Sabtu, 26 Jan 2019 16:46 WIB
Foto: Ilustrasi gempa
Kepulauan Aru - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,6 terjadi di Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Gempa itu menyebabkan warga berhamburan ke luar rumah.

"Gempa dua kali, yang pertama kuat terasa dan yang kedua sangat besar yang membuat semua keluar dari gudang karena panik, bahkan yang tadi sedang membawa motor tinggalkan motor berlarian lantaran takut," ujar warga Kepulauan Aru, Yosep S Labok, saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/1/2019).


Yosep menambahkan, saking kuatnya gempa yang terasa, warga memenuhi jalan-jalan, bahkan anak-anak terlihat menangis. Selain itu, pengendara roda dua dan empat meninggalkan kendaraannya untuk menyelamatkan diri.

"Saking kuatnya gempa yang terasa tadi sempat lihat warga yang bawa motor berhenti di tengah jalan dari berlarian tinggalkan motornya. Hal yang sama dilakukan pengendara mobil," ujarnya.

Pascagempa, warga mulai kembali ke rumah masing-masing dan melakukan aktivitas seperti biasa. Belum ada informasi terkait dampak gempa itu.

BMKG mengatakan gempa terjadi pada pukul 15.12 WIB. Pusat gempa berada di laut, 112 km barat laut Kepulauan Aru dengan kedalaman 10 km.

Koordinat gempa berada di titik 5,51 Lintang Selatan dan 133,81 Bujur Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami. (idh/idh)