Marsdya Bagus Puruhito Gantikan M Syaugi Jadi Kepala Basarnas

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 26 Jan 2019 11:11 WIB
Marsdya Bagus Puruhito (lemhannas.go.id)
Marsdya Bagus Puruhito (lemhannas.go.id)
Jakarta - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas akan dipimpin sosok baru, yaitu Marsdya Bagus Puruhito. Marsdya Bagus menggantikan Marsdya M Syaugi, yang pensiun.

Marsdya Bagus merupakan 1 dari 104 perwira tinggi TNI yang dirotasi dan dipromosikan jabatannya. Rotasi ini bertujuan mengoptimalkan kinerja TNI sekaligus untuk pembinaan karier pati.

"Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi TNI," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (26/1/2019).



Marsdya Bagus sebelumnya merupakan Wakil Gubernur Lemhannas. Lulusan AAU 1984 itu pernah menjadi Ajudan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009.

Sebelum menjadi Wagub Lemhannas pada akhir 2015, pria asal Purwokerto, Jawa Tengah, itu menjabat Wakil KSAU sejak Mei 2014. Bagus juga pernah menjadi Pangkoopsau I, Dankodikau, juga Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.



Sebelumnya, Jokowi disebut sudah menunjuk 44 pimpinan lembaga baru pada awal Januari lalu. Salah satunya Kepala Basarnas.

"Hari ini ada 44 jabatan ya. Di antara 44 jabatan itu ada Kepala Basarnas, Kepala BPPT, ada Wagub Lemhannas, ada Sekjen Kemenhan. Jabatan-jabatan bintang 3-nya banyak hari ini," ujar Seskab Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).


Simak Juga 'Sama-sama Tangani Bencana, Apa Beda Basarnas dan BNPB?':

[Gambas:Video 20detik]


Marsdya Bagus Puruhito Gantikan M Syaugi Jadi Kepala Basarnas
(imk/idh)