Batu Ajaib di Antara Ahok dan OSO

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Jan 2019 22:35 WIB
Ahok menunjukkan 'cincin ajaib' kepada putranya, Nicholas Sean. (Screenshot YouTube 'Panggil Saya BTP')
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok memamerkan sebuah cincin yang disebutnya 'cincin ajaib' ke putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama. Cincin itu, dikatakan Ahok, dipinjamkan oleh Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Cincin itu dipamerkan Ahok kepada Sean dalam vlog di akun YouTube-nya, Panggil Saya BTP, yang tayang pada Jumat (25/1/2019). Ahok bersama Sean di dalam mobil setelah Ahok bebas.

"Papa dititipin cincin ini waktu itu, mau dikembaliin, (punya) Pak OSO (Oesman Sapta Odang), Bang OSO," kata Ahok dalam vlog di akun YouTube-nya, Jumat (25/1/2019).

Ahok menunjukkan 'keajaiban' cincin itu kepada Sean. Dia kemudian meminta Nicholas mengambil sedikit air. Ahok lalu mencelupkan jari telunjuknya ke air dan menempelkannya ke batu cincin. Batu itu pun menyala berwarna kemerahan.

"Cincin ajaib ini," kata Ahok.

"Wow, pakai baterai, ya?" ujar Nicholas takjub.

"Nggak baterai ini, bukan baterai ini. The real one," timpal Ahok seraya tertawa.

Nicholas kemudian ikut mencoba. Dia kembali takjub, saat menempelkan telunjuknya, cincin tersebut mengeluarkan cahaya berwarna kemerahan. Ahok menyebut batu di cincin tersebut adalah batu merah delima.

"Merah delima ini, ya? Merah delima," katanya seraya mengkonfirmasi kepada orang yang mengemudikan mobil.

Ahok mengatakan cincin tersebut akan dikembalikan kepada OSO. Dia menyatakan OSO hanya menitipkan cincin tersebut saat Ahok berada di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

"Disuruh, kalau udah keluar, balikin ke saya. Expensive one. Not give to you, rent to you," ujar Ahok menirukan ucapan OSO saat itu.

Batu merah delima memang mahal. Konon, harganya sampai miliaran rupiah. Sejumlah pedagang menjual batu yang disebut sebagai mustika itu seharga ratusan juta rupiah. Promosi para penjual pun setinggi langit. Ada yang menyebut batu merah delima itu membuat pemakainya berwibawa hingga bisa 'menggenggam dunia', bahkan ada yang berpromosi menyebut pemakainya 'enteng jodoh'.

Batu merah delima banyak juga disebut 'batu rubi'. Batu permata berwarna merah ini merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium florida). Warnanya yang merah disebabkan kromium. Namanya berasal dari isi buah delima yang berwarna merah.

Ahok diketahui bertandang ke kediaman OSO di Jl Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (24/1) malam. Kedatangan Ahok itu disebut-sebut untuk menyampaikan terima kasih kepada Ketum Hanura tersebut.

Kedatangan Ahok ke rumah OSO terkuak dari foto mantan Gubernur DKI Jakarta itu yang tersebar melalui WhatsApp. Tampak Ahok berfoto bersama jajaran OSO, seperti sekretarisnya, Ratih, dan Wasekjen Hanura Tiurmaida Tampubolon. Ahok terlihat masih memakai pakaian yang sama sejak keluar dari Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, yakni kemeja biru dan celana jins.

Alasan Ahok menemui OSO juga sedikit terkuak melalui vlog itu. Ahok mengutarakan keinginan mengunjungi OSO. (idh/idh)