Warga Puji JPO di Sudirman yang Artistik, Minta Segera Difungsikan

M Guruh Nuary - detikNews
Jumat, 25 Jan 2019 16:08 WIB
JPO Ratu Plaza di Sudirman, Jakarta Pusat (Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Warga memuji JPO di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, salah satunya JPO Ratu Plaza, yang kini dirombak total jadi artistik. Warga berharap JPO ini bisa segera difungsikan agar bermanfaat bagi masyarakat.

detikcom menyambangi JPO Ratu Plaza di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (25/1/2019). JPO ini masih ditutup sehingga belum bisa dilintasi warga.

Warga, khususnya kaum pekerja di Sudirman, terlihat menggunakan pelican crossing di dekat JPO Ratu Plaza untuk menyeberang. Menjelang sore, tampak banyak warga menyeberang jalan.


Salah satu orang yang menyeberang adalah Sri Utami, karyawan swasta. Ditanya soal JPO Ratu Plaza, dia merasa senang karena JPO ini berbentuk artistik.

JPO Ratu Plaza di Sudirman, Jakarta PusatJPO Ratu Plaza di Sudirman, Jakarta Pusat. (M Guruh Nuary/detikcom)

"Kalau kata anak-anak sekarang sih Instagramable banget ya," ujarnya.

Pendapat senada disampaikan Surono, yang juga karyawan swasta. Menurut Surono, dirinya senang karena JPO Ratu Plaza tampak lebih kokoh dan lebar. Bentuknya juga dia nilai menarik.

"Ya bagus sih, Jakarta ada kemajuanlah ya dari segi pembangunannya. Lebih modern yang kayak ginilah ya," ujarnya.

Surono berharap JPO ini segera dikebut pengerjaannya agar bisa digunakan. "Kemungkinan sih belum diresmikan, jadinya belum dibuka. Ini sih katanya Februari dibukanya. Denger-denger begitu," ujarnya.

"Ya kalau mau diresmikan ya secepatnyalah, biar bisa dipakai ini jembatan, kasihan kan kita pejalan kaki lewat zebra cross buat naik ke halte Bundaran Senayan. Terus kalau bisa ya diperbanyak JPO seperti begini, biar nyaman dan enak buat dilewatin. Jangan yang biasa-biasa aja kalau mau bangun, sekalian yang modern begini. Kan demi masyarakat juga," sambungnya menyarankan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya menyebut ada beberapa kendala yang menyebabkan revitalisasi tiga JPO di Jalan Sudirman molor. Menurut Anies, salah satu kendala yang ditemui adalah pemasangan lift.

"Kalau yang di dekat Ratu Plaza sudah hampir selesai. Ada kendala soal pemasangan lift. Kita minta tidak (dipasang) di lokasi itu, karena mengganggu pejalan kaki, lokasi pemasangan liftnya, sehingga harus dibongkar, digeser," kata Anies di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (2/1) lalu.


Permasalahan lain yang ditemukan adalah soal penyelesaian besi-besi jembatan. Meski demikian, Anies menargetkan tiga JPO yang direvitalisasi itu rampung dalam waktu dekat.

Tiga JPO yang direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta adalah JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno, dan JPO Ratu Plaza. Biaya revitalisasi tiga JPO tersebut diperkirakan sebesar Rp 56 miliar.

Perinciannya, JPO Polda Metro Jaya Rp 19,36 miliar, JPO Gelora Bung Karno Rp 18,47 miliar, dan JPO Ratu Plaza Rp 17,39 miliar, serta Rp 1 miliar untuk biaya konsultasi ahli. Dana revitalisasi tersebut didapat menggunakan koefisien lantai bangunan dari pihak swasta. (hri/fjp)