DetikNews
Jumat 25 Januari 2019, 10:44 WIB

Dukcapil Jakpus: Belum Ada Pendaftaran Pernikahan Ahok-Puput

Guruh Nuary - detikNews
Dukcapil Jakpus: Belum Ada Pendaftaran Pernikahan Ahok-Puput Kasudin Dukcapil Jakarta Pusat, Remon Mastadian (Foto: M Guruh Nuary/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang kini meminta dipanggil BTP, disebut akan menikah dengan Puput Nastiti Devi di Menteng, Jakarta Pusat. Namun, belum ada pendaftaran di Dukcapil setempat.

"Belum, belum ada yang daftar. Sampai hari ini pun belum. Saya juga cek ke kecamatan juga belum," kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat, Remon Mastadian di kantornya, Jumat (25/1/2019).



Sebelumnya, Lurah Gunung Pasir Selatan, Depok, Aslih Sinten menyebut pernikahan Ahok dan Puput akan digelar di Menteng. Gunung Pasir Selatan adalah lokasi kediaman Puput.

Ahok dan Puput / Ahok dan Puput / Foto: Dok. ANTARA FOTO/HO/Tim BTP/


Kembali ke Remon, dia menjelaskan mekanisme pendaftaran pernikahan. Ada perbedaan mekanisme untuk pencatatan pernikahan untuk muslim dan nomuslim.

"Kalau untuk nonmuslim ini bisa perkawinan di Gereja dulu nanti pihak gereja bersurat kepada kita untuk dicatatkan, datang untuk melakukan pencatatan. Atau juga bisa minimal 10 hari sebelum hari H, mereka meminta untuk dicatatkan," jelasnya.



"Kalau orang Islam kan langsung ke KUA tuh, langsung keluar aktanya. Nah kalau yang Nasrani bisa ke Gereja dulu, atau non-muslim, atau nggak misal dia Budha, Hindu bisa di Viharanya dulu. Jadi bisa nikah dulu baru dicatatkan atau 10 hari sebelumnya minta dicatatkan," sambung Remon.

Remon menegaskan belum ada catatan di Sudin Dukcapil Jakpus terkait pernikahan Ahok dan Puput. Dia menduga pendaftarannya sesuai domisili Ahok dan Puput.

"Kalau khusus bapak, belum ada yang mendaftarkan sampai hari ini. Saya sudah cek juga tadi pagi, belum ada yang mendaftarkan," ucapnya.

"Kalau menurut saya sih, ini didaftarkannya bisa saja di tempat bapak di Jakarta Utara ataupun di tempat perempuannya di Depok. Itu kan bisa saja," pungkas Remon.



Sebelumnya diberitakan, kabar pernikahan Ahok dan Puput pada 15 Februari 2019 mendatang ditepis oleh ayah Puput, Aiptu Teguh Sriyono. Dia juga menyerahkan kepada Puput untuk menjawab simpang siur kabar pernikahan.

"Itu belum benar, Mas, Mbak.... Ya kalau benar, pasti kita akan bilang benar. Tapi itu belum benar ada tanggal 15 acara apa itu," kata Teguh saat ditemui wartawan di kediamannya di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Kamis (24/1/2019).


Simak Juga 'Momen Ahok Nyanyi Bareng Puput Viral di Media Sosial':

[Gambas:Video 20detik]



(bar/fjp)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed