Kelompok Tani di Padang Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 24 Jan 2019 20:25 WIB
Deklarasi dukungan kelompok tani di Padang. (Sulthan Jeka Kampai/detikcom)
Padang - Kelompok petani di Padang, Sumatera Barat, mendeklarasikan dukungan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mereka ingin sang capres petahana lanjut periode kedua karena dinilai terbukti kerja nyata dan berkomitmen untuk kemajuan pertanian.

Deklarasi para petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumatera Barat itu disampaikan di Padang, Kamis (24/1/2019).

"Jokowi masih berkomitmen untuk mewujudkan reforma agraria, kedaulatan pangan, hak asasi petani, koperasi petani dan agroekologi," kata Ketua SPI Sumatera Barat Rustam Efendi membacakan deklarasi dukungan.


Menurut Rustam, dukungan diberikan karena pasangan nomor urut 01 itu mendukung segala perjuangan yang dilakukan Serikat Petani tentang pengakuan atas hak asasi petani dan masyarakat yang bekerja di pedesaan. Menurut dia, semasa kepemimpinannya, Jokowi juga mengeluarkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, sehingga semakin memiliki daya eksekusi dalam upaya distribusi lahan untuk petani-petani kecil.

"Dan yang lebih penting, pemerintahan Jokowi telah membangun berbagai infrastruktur untuk meringkas rantai distribusi dan memperbaiki fasilitas pertanian serta mendukung pembangunan desa melalui Dana Desa, yang mencapai Rp 2 miliar per tahun," katanya.


Untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Padang, SPI akan bergerak dan membentuk tim pemenangan di berbagai daerah yang dinamakan TPPJA SPI (Tim Petani Pemenangan Jokowi-Amin SPI Sumbar).

"Kita berkomitmen dan siap mengamanahkan suara penderitaan kaum tani Sumatera Barat untuk Joko Widodo 2 periode," kata Rustam. (elz/elz)