DetikNews
Rabu 23 Januari 2019, 20:35 WIB

Jokowi yang Tak Mau Campuri Urusan Politik Ahok Usai Bebas Penjara

Ray Jordan - detikNews
Jokowi yang Tak Mau Campuri Urusan Politik Ahok Usai Bebas Penjara Foto: Jokowi Ahok Tinjau pembangunan LRT (Bagus/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan bebas dari penjara pada Kamis (24/1) besok. Jokowi mengatakan dirinya memulangkan sepenuhnya kepada Ahok rencana apa yang akan dia jalani, termasuk soal sikap politiknya.

Jokowi mengatakan, mantan tandemnya di Pemprov DKI itu sudah menjalani proses hukum selama 2 tahun. Ahok menjalani masa di penjara Mako Brimob karena divonis bersalah atas kasus penistaan agama.



"Ini kan Pak Ahok kan sudah menjalani proses hukum. Pak Ahok juga sudah menjalani hukuman. Dan besok sudah bebas," kata Jokowi ditemui wartawan usai dirinya menghadiri perayaan hari ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Jokowi pun mengaku belum ada rencana untuk bertemu Ahok di hari kebebasannya nanti. "Belum ada rencana," katanya.

Dia juga menegaskan, tak mau mencampuri urusan Ahok terkait dengan rencana yang akan dilakukan mantan Bupati Belitung Timur itu. Termasuk soal sikap Ahok di bidang politik.

"Ya terserah Pak Ahok-lah, terserah Pak Ahok," kata Jokowi.



Ahok akan bebas setelah menjalani masa tahanan selama 2 tahun di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Selama menjalani masa tahanan 2 tahun, Ahok disebut banyak mengalami perubahan. Bahkan dia menegaskan tidak ingin dipanggil Ahok melainkan BTP.

Ahok mengaku kini bersyukur bisa menjalani masa tahanan di Mako Brimob karena bisa belajar menguasai diri. Dia meminta maaf kepada berbagai pihak atas segala kesalahannya.

"Saya juga mau sampaikan kepada Ahokers, para PNS DKI, para pembenciku sekalipun, aku mau sampaikan mohon maaf atas segala tutur kata, sikap, perbuatan yang sengaja maupun tidak sengaja menyakiti hati dan perasaan saudara dan anggota keluarganya," tulis Ahok di akun media sosial @basukibtp, Kamis (17/1/2019).

"Saya mohon maaf dan saya keluar dari sini dengan harapan panggil saya BTP bukan Ahok," lanjutnya.
(jor/bag)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed