Cerita Megawati Kenang Boediono yang 'Pelit' Beri Anggaran Menteri

Indra Komara - detikNews
Rabu, 23 Jan 2019 17:08 WIB
Megawati Soekarnoputri saat mengenang Boediono sebagai Menteri Keuangan-nya. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengenang kinerja menteri kabinetnya saat masih memimpin negeri sebagai presiden ke-5. Salah satu kinerja menteri yang diingat Megawati adalah mantan Menteri Keuangan Boediono.

Megawati menceritakan bagaimana Boediono ketika itu sulit memberikan anggaran kepada kementerian lain.

"Kalau Pak Boediono, menteri (lain) suka ngadu, 'Pak Boediono susah banget.' 'Bagus,' saya bilang. Menteri Keuangan memang harus pelit saya bilang, apalagi saat keadaan krisis. Jadi waktu rapat kabinet pertama saya bilang, tak ada yang satu menteri akan mengatakan tak ada uang, republik ini tak ada uang, kita cari uang," kata Megawati di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Megawati juga mengenang saat mengajak Yusril Ihza Mahendra menjabat Menteri Hukum dan Perundang-undangan. Yusril, kata Megawati, diminta tak membawa permasalahan partainya ke kabinet.




"Kalau Pak Yusril, saya panggilnya 'Dek'. 'Kamu kan Ketum PBB, jangan kamu bawa urusan partai ke kabinet. Kamu menteri saya, setuju nggak? Karena saya butuh urusan tata negara yang baik.' Dia (Yusril) jalan juga tuh," ucap Megawati.

Di tempat yang sama, Boediono berbicara mengenai masa-masa menjabat Menteri Keuangan era Megawati itu. Mengamini pernyataan Ketum PDIP, Boediono pun meminta maaf kepada eks menteri yang tak diberi anggaran.

"Saya mohon maaf pada rekan saya yang minta tambahan waktu itu saya tolak karena uangnya tak cukup, keadaan memang masih belum bagus," kata Boediono. (idn/dhn)