Semburan Lumpur di Aceh Utara, Warga Tak Berani Pulang ke Rumah

Semburan Lumpur di Aceh Utara, Warga Tak Berani Pulang ke Rumah

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 23 Jan 2019 14:28 WIB
Lokasi semburan lumpur bercampur gas di Aceh Utara (Datuk/detikcom)
Lokasi semburan lumpur bercampur gas di Aceh Utara (Datuk/detikcom)
Aceh Utara - Semburan diduga gas bercampur lumpur muncul di permukiman warga di Desa Tanjong Menje, Tanah Jambo Aye, Aceh Utara. Rumah warga di sekitar lokasi tampak berlumpur dan 10 keluarga terpaksa mengungsi.

Pantauan detikcom di lokasi, tampak garis polisi sudah dilingkari dengan radius 100 meter dari titik semburan. Warga yang berdatangan ramai-ramai menyaksikan semburan itu sambil merekam kejadian.

Tampak juga dua mobil pemadam kebakaran bersama belasan petugasnya bersiaga di lokasi. Titik lokasinya sendiri berada di kebun cabai milik warga. Cabai yang akan panen terendam lumpur. Sedangkan rumah-rumah warga juga sangat dekat dengan jaraknya 20 meter.



"Semburannya tiba-tiba. Sekitar pukul 08.00 WIB tadi. Pas awalnya, semburan diperkirakan lebih dari 20 meter. Kemudian berangsur rendah perlahannya," kata seorang saksi mata, M. Ilyas, saat ditemui di lokasi, Rabu (23/1/2019).

Ilyas menuturkan, setelah semburan itu muncul secara tiba-tiba dan beterbangan, warga ketakutan dan terpaksa mengungsi ke rumah keluarganya sementara.

"Warga yang rumahnya terkena dampak itu ketakutan dan terpaksa harus mengungsi sementara waktu ke rumah keluarga yang jauh dari lokasi," sebut Ilyas.

Ilyas meminta pihak terkait segera mengambil tindakan untuk mengatasi bencana tersebut. Dengan begitu nantinya tidak berdampak luas dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat. (rvk/rvk)