detikNews
Rabu 23 Januari 2019, 11:44 WIB

Drama Kisah Cinta Ahok dari Balik Bui: Cerai hingga Kabar Nikah Lagi

Tim detikcom - detikNews
Drama Kisah Cinta Ahok dari Balik Bui: Cerai hingga Kabar Nikah Lagi Ilustrasi Ahok dan Vero (Andika Akbaryansyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Jakarta - Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap menjadi perhatian selama mendekam di Rutan Mako Brimob karena kasus penistaan agama, salah satunya lewat kisah cintanya. Dari perceraiannya dengan Veronica Tan hingga rencana menikah dengan polwan bernama Bripda Puput Nastiti Devi.

Ahok divonis pada 9 Mei 2017 dengan hukuman 2 tahun penjara. Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama atas pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Sekitar 8 bulan di bui, Ahok mengajukan gugatan cerai terhadap Veronica. Ahok mengajukan gugatan cerai dari Veronica Tan ke Pengadilan Negara Jakarta Utara pada Jumat (5/1/2018) pukul 14.30 WIB atau menjelang kantor pengadilan tutup. Ahok diwakili pengacaranya, Fify Lety Indra, yang juga adiknya.



Gugatan cerai itu dilayangkan Ahok karena dugaan perselingkuhan Vero dengan Julianto Tio, yang disebut sebagai 'good friend'. Fifi mengatakan, sebelum memutuskan menggugat cerai, Ahok sudah lama berupaya mempertahankan rumah tangganya. Berbagai cara Ahok lakukan, termasuk meminta nasihat pendeta yang menikahkan mereka serta sahabat. Ahok, saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, juga pernah menemui langsung Julianto Tio, meminta secara gentle agar pria yang juga sudah beristri ini menjauhi Vero.

Drama Kisah Cinta Ahok dari Balik Bui: Cerai hingga Kabar Nikah LagiVeronica Tan (Foto: Facebook Basuki Tjahaja Purnama)


Namun sayang, menurut Fifi, upaya Ahok itu sia-sia. Menurutnya, Vero tetap menjalin hubungan dengan Julianto. Karena itulah Ahok bulat tekad bercerai meski banyak pihak yang menentang, termasuk pendukungnya.



Sayang, Vero tidak pernah bicara langsung soal perceraiannya. Hingga akhir persidangan, dia tak mau muncul. Dia sebelumnya memang telah mengirimkan surat kepada majelis hakim yang isinya akan menerima apa pun keputusan hakim tanpa hadir dalam persidangan. Sosok Julianto Tio juga tidak pernah menampakkan diri ke depan publik untuk memberi klarifikasi.

Setelah drama-drama panjang, majelis hakim PN Jakarta Utara akhirnya mengetok palu pada 4 April 2018. Ahok-Vero dinyatakan resmi bercerai dengan verstek atau tanpa kehadiran penggugat dan tergugat.

Sidang vonis cerai Ahok-Vero / Sidang vonis cerai Ahok-Vero (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Lima bulan menjadi duda, kabar Ahok akan menikah lagi merebak pada September 2018. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi membenarkan Ahok akan menikahi polwan mantan ajudan Veronica Tan yang bernama Bripda Puput Nastiti Devi selepas bebas.

Di tengah kabar yang simpang siur, Ahok menyampaikan pesan dari Mako Brimob yang diunggah oleh timnya lewat media sosial. Ahok mengatakan akan menjawab sendiri soal kabar itu setelah bebas. Ahok juga menyatakan tetap taat pada agama dan konstitusi serta sedang belajar menjadi pribadi yang lebih baik.



Bripda Puput Nastiti Devi / Bripda Puput Nastiti Devi (Foto: dok. Istimewa)


Setelah mendapat remisi 3 bulan 15 hari, Ahok dipastikan akan bebas murni pada 24 Januari 2019. Pada hari-hari terakhirnya, kabar Ahok akan menikah setelah bebas kembali menguat. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebut Ahok akan menikah pada 15 Februari 2019. Adik Ahok, Fify Lety Indra, menepis kabar itu, sedangkan keluarga Bripda Puput di Nganjuk tidak membantahnya.

Besok, Ahok akan menghirup udara bebas. Akankah dia menjawab kabar menikah lagi setelah lika-liku kisah cintanya jadi sorotan?


Simak Juga 'H-1 Ahok Bebas, Begini Suasana Mako Brimob':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Ahok-Puput Mau Menikah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed