DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 17:17 WIB

JK soal Rencana Penutupan TN Komodo: Intinya Rusa Butuh Makan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK soal Rencana Penutupan TN Komodo: Intinya Rusa Butuh Makan Taman Nasional Pulau Komodo, NTT (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan wacana penutupan Taman Nasional (TN) Pulau Komodo karena pertimbangan budi daya rusa. Namun JK mengingatkan, Pulau Komodo dikunjungi atau tidak, rusa perlu makan.

"Kalau saya lihat alasannya Gubernur NTT Viktor itu untuk memperbanyak, untuk mengembangbiakkan rusa. Tapi jangan lupa, dikunjungi atau tidak dikunjungi itu (rusa) tetap saja perlu makan," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).



Pengembangbiakan rusa di Pulau Komodo perlu dilakukan karena komodo perlu makan rusa dan kambing. Untuk itu, menurut JK, wacana rusa dan kambing dapat dikembangbiakkan di wilayah lain dapat dikaji.

"Itu benar bahwa perlu makannya rusa kambing itu lebih terkait," ujarnya.



Terkait isu naiknya tarif masuk kawasan Pulau Komodo, JK mengatakan tarif tersebut sudah memiliki aturan melalui keputusan menteri.

"Sejak dulu daerah konservasi itu langsung di bawah kementerian karena taman nasional. Kalau kita melihatnya secara wajar. Memang terlalu murah pada dewasa ini. Tapi ditingkatkan jadi berapa nanti dirundingkan," tuturnya.

"Bisa juga dibedakan antara banyak negara seperti itu orang domestik dan anak sekolah bayarnya sekian. Tapi untuk turis asing bayarnya sekian. Di luar negeri kemarin saya lihat Kamboja orang bayar masuk itu USD 50," ungkapnya.
(nvl/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed