DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 17:12 WIB

KPU akan Tambah Durasi di Setiap Sesi Debat Pilpres Kedua

Dwi Andayani - detikNews
KPU akan Tambah Durasi di Setiap Sesi Debat Pilpres Kedua Foto: Ilustrasi debat capres. (Dok ABC Australia).
Jakarta - KPU akan menambah durasi waktu dalam debat capres kedua pemilu 2019. Penambahan waktu ini dilakukan dalam setiap sesi di debat pilpres sesuai kebutuhan.

"Salah satu yang dievaluasi adalah terkait dengan waktu, sehingga dimungkinkan bahwa durasi dalam setiap sesi akan kita perbaharui sesuai dengan kebutuhan," ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Wahyu mengatakan penambahan waktu ini telah melalui hasil rapat evaluasi dengan pihak terkait. Namun terkait berapa jumlah durasi yang ditambah, KPU mengatakan pihaknya akan memutuskan pada rapat selanjutnya.

"Sudah, itu hasil rapat evaluasi dengan pihak eksternal yang ada. TV penyelenggara, kemudian TKN (Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin), BPN (Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga), dan pihak-pihak lain yang terkait," ujar Wahyu.

"Secara mendetail akan kita sampaikan pekan ini, kemarin prinsip-prinsip dasar sudah disepakati dalam forum rapat. Sehingga KPU sekarang memantapkan konsep itu, akhir pekan ini kita akan mengadakan rapat dan diberitahukan ke publik," sambungnya.


Selain itu, Wahyu juga mengatakan akan memperbaiki sistem bel dalam debat. Nantinya batas waktu debat akan ditandai dengan bel berupa warna.

"Secara teknis kita melakukan evaluasi debat pertama termasuk bunyi bel, dalam debat kedua akan kita perbarui sehingga pasangan capres-cawapres ini lebih nyaman dalam menyampaikan visi-misi programnya. Meskipun harus memerhatikan waktu," ujar Wahyu.
(dwia/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed