DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 16:45 WIB

JK Tanggapi Polemik Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 Miliar

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Tanggapi Polemik Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 Miliar Foto: Wapres Jusuf Kalla (JK). (Noval-detikcom)
Jakarta - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) yang memborong 100 ribu sabun senilai Rp 2 miliar menjadi polemik. Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, Jusuf Kalla (JK), kritik merupakan hal yang wajar saat pemilu.

"Pemilu itu hidup dengan kritik," kata JK di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).


Jika kampanye pemilu tidak ada kritik, kata JK, maka hal tersebut sama saja bukan dengan masa pemilu. Untuk itu ada kritik dan saling jawab atas kritik itu.

"Jadi kita terima aja, kritik kritik, dijawab dijawab," ujarnya.

Namun, JK belum mengetahui dari mana asal dana yang digunakan Jokowi untuk membeli sabun tersebut. "Saya tidak tau itu," tuturnya.


Jokowi bersama Ibu Negara Iriana memborong 100 ribu botol sabun cuci piring saat meninjau pameran giat kewirausahaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gedung Serbaguna Mandala, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Sabun cuci piring yang dibeli Jokowi itu merupakan produk dari salah satu stan yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Sabun cuci piring yang diborong Jokowi milik pengusaha lokal Eli Liawati. Sabun itu diberi label 'Sabun Cuci Padawangi'. Eli merupakan anggota kelompok usaha PKH Padawangi dari Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Garut.


(nvl/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed