DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 11:13 WIB

Mahasiswa IAIN Palu Belajar di Luar Gedung

Tim detikcom - detikNews
Mahasiswa IAIN Palu Belajar di Luar Gedung Gedung IAIN Palu (Azizah Nur Rizqi/detikcom)
Palu - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), akan mengikuti proses belajar-mengajar di luar kampus. Sebab, belum rampungnya perbaikan gedung yang rusak akibat gempa Palu pada September 2018.

"Di 2019 ini perkuliahan akan berlangsung di luar kampus," ucap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi, di Palu, yang dilansir dari Antara, Selasa (22/1/2019).

Dia mengatakan, perkuliahan semester genap 2019 dilangsungkan di luar kampus karena sebagian ruang kelas belajar IAIN Palu rusak berat dan rusak total sehingga tidak dapat digunakan.


Sedangkan pembangunan atau revitalisasi enam gedung dilakukan pada awal 2019 sehingga proses perkuliahan harus dipindahkan sementara waktu. IAIN Palu menggandeng Asia Development Bank atau Bank Pembangunan Asia (ADB) dalam upaya revitalisasi kampus senilai kurang-lebih Rp 30 miliar.

"Dalam upaya pembangunan ini, saya meminta kepada pihak pekerja agar tidak membongkar kelas-kelas darurat yang telah terbangun, sebelum material pembangunan gedung IAIN Palu masuk," ujar dia.


Kelas-kelas darurat, yang berjumlah 60 kelas di wilayah kampus, masih dapat digunakan dalam proses perkuliahan. Tetapi jumlah tersebut tidak berbanding lurus dengan kondisi gedung perkuliahan/daya tampung IAIN Palu pascagempa.

Untuk diketahui, pada 2018, IAIN Palu menerima sekitar 1.720 mahasiswa. Dengan demikian, jumlah mahasiswa IAIN Palu sebelum bencana terjadi sekitar 5.000 lebih.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed