detikNews
Senin 21 Januari 2019, 18:37 WIB

Dilacak Lewat iCloud, Pencuri iPhone Ini Tertangkap Polisi

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Dilacak Lewat iCloud, Pencuri iPhone Ini Tertangkap Polisi Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - YI (44) ditangkap polisi karena mencuri handphone jenis iPhone milik tetangganya. YI tertangkap setelah dilacak lewat fitur iCloud pada iPhone tersebut.

Kanit V Subdit III Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ridwan menjelaskan kronologi pencurian itu. Pencurian itu terjadi pada Oktober 2018.

"Pertama, dilakukan oleh YI modus tersangka berpura-pura masuk ke rumah tetangga yang masih terbuka di mana korban masih sibuk masak dan pelaku ngambil handphone yang sedang di-charge di lemari. Yang diambil iPhone dan MacBook," kata Ridwan di Mapolda Metro Jaya, Senin (21/1/2019).

Ridwan menyebut YI melancarkan aksinya dan berpura-pura sebagai tamu di rumah korbannya di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Saat korban lengah, ia mengambil barang elektronik milik korban.

YI berhasil mengambil barang-barang milik korban, yakni 1 iPhone 7, 1 hanphone Xiaomi Redmi Note 5, 2 buah dos iPhone 7, dan 1 lembar bukti pembelian iPhone 7 Plus. Polisi kemudian menangkap pelaku pada 6 Desember 2018 di daerah Bogor, Jawa Barat.

"Dari saksi-saksi yang kami periksa, (saat) pelaku melakukannya ternyata dia dapat iPhone 7, kita cek posisi melalui iCloud (keberadaan tersangka) di wilayah Bogor dan ketemu pelaku," kata Ridwan.

Atas perbuatannya, YI disangkakan Pasal 362 KUHP. YI terancam hukuman paling lama 5 tahun penjara.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com