DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 16:12 WIB

Polisi Bongkar Penjualan Air Gun Ilegal via Medsos

Rolando F - detikNews
Polisi Bongkar Penjualan Air Gun Ilegal via Medsos Foto: Rolando
Jakarta - Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok membongkar lapak jual-beli air gun ilegal. Para pelaku memperjual belikan air gun tersebut via media sosial.

"Kami menemukan adanya jual beli airsoft gun secara ilegal, sesuai Undang-Undang Darurat RI No 12 Tahun 1951. Saat ini Satreskrim Pelabuhan Tanjung Priok sudah mengamankan 3 orang tersangka dengan inisial DK, ULM, dan FA untuk proses lebih lanjut," ujar Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Kurniawan Hartono kepada wartawan di kantornya, Jalan Pelabuhan Nusantara II No 1 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/1/2019).

Sementara Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Faruk Rozi mengatakan, kasus ini terungkap berkat cyber patrol yang dilakukan timnya di dunia maya. Awalnya polisi menemukan sejumlah lapak di akun Facebook dan Instagram.

Air gun yang disita polisi.Air gun yang disita polisi. Foto: Rolando

"Setelah kita laksanakan partoli, kita inventarisir, itu kita temukan bahwa salah satu tersangka ini menggunakan akun di medsos yaitu di facebook dan di instagram untuk menjual senjata jenis air gun itu secara ilegal," jelas Faruk.

Polisi kemudian menyamar sebagai pembeli kepada tersangka. Pelaku pun mengirimkan barang pesanan polisi itu ke alamat yang dituju.

"Setelah itu kita melaksanakan penangkapan dan penggeledahan, di mana setelah kita melaksanakan penggeledahan ditemukan air gun yang lain yang berjumlah kurang lebih 22 unit air gun dan beberapa peluru gotri dan aksesoris-aksesoris air gun yang lain," jelasnya.

Total ada 20 pucu air gun.Total ada 20 pucu air gun. Foto: Rolando

Ketiga tersangka ditangkap di dua lokasi berbeda. Salah satu tersangka berinisial FA ditangkap membawa sepucuk airsoft gun.

"Air gun itu harganya Rp 3 juta, kalau airsoft gun itu Rp 5,5 juta," tuturnya.

Dari ketiga tersangka, polisi menyita 20 pucuk air gun, sepucuk airsoft gun jenis glock, 4 buah magazen airsoftg gun. Ketiganya dijerat dengan UU Darurat.



Polisi Bongkar Penjualan Air Gun Ilegal via Medsos

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed