Polisi soal Motif Tersangka Hoax Surat Suara Tercoblos: Mau Buat Gaduh

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 21 Jan 2019 15:02 WIB
Foto: Tersangka hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, Bagus Bawana Putra (BBP). (Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Polisi menyatakan motif Bagus Bawana Putra (BBP) menciptakan hoax 7 kontainer surat suara tercoblos karena sengaja ingin membuat gaduh. Bagus ingin membuat gaduh masyarakat dan media sosial.

"Tersangka BBP niatnya itu, motivasinya, memang akan membuat gaduh. Baik gaduh di media sosial maupun gaduh di masyarakat," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).


Unsur kesengajaan itu terlihat saat Bagus membuat hoax tersebut dalam bentuk narasi. Karena kurang viral, Bagus mereproduksi hoax itu dalam bentuk rekaman suara untuk membuat masyarakat yakin.

"Faktanya seperti apa? Faktanya dia memviralkan dulu melalui narasi di akun Twitter-nya dulu sama Whatsapp Group. Setelah kurang viral, dia membuat niat lagi membuat dalam bentuk narasi yang lebih masif lagi maupun voice," sambung Dedi.

Polisi masih belum menerima jawaban dari Kejaksaan Agung (Kejagung) mengenai sudah cukup lengkap atau tidaknya berkas perkara hoax Bagus dan HY, orang yang turut menyebarkan hoax tersebut. Jika berkas perkara telah dinyatakan lengkap, polisi akan segera melakukan pelimpahan tahap dua yaitu menyerahkan barang bukti dan tersangka.

"Masih akan diteliti oleh jaksa peneliti, nanti apa petunjuknya. Kalau misalnya dinyatakan lengkap oleh jaksa, maka kewajiban penyidik langsung tahap dua, melimpahkan tersangka dan barang bukti kepada JPU (jaksa penuntut umum) untuk selanjutnya akan direncanakan proses persidangan," jelas Dedi.


Dalam kasus hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, polisi menetapkan 4 orang sebagai tersangka yaitu Bagus Bawana Putra sang kreator, HY, LS dan J sebagai penyebarnya. Bagus sendiri ditangkap di Sragen pada 7 Januari lalu, setelah melarikan diri dari rumahnya di Bekasi, Jawa Barat.

Dari hasil penyelidikan, Bagus kabur, membuang ponsel dan simcard pinselnya usai hoax yang dibuatnya viral.


Simak Juga 'KPU-Bawaslu 'Kick Off' Cetak Surat Suara Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


Polisi soal Motif Tersangka Hoax Surat Suara Tercoblos: Mau Buat Gaduh
(aud/idh)