DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 11:44 WIB

Pertamina Imbau Warga Kalsel Beli LPG di Pangkalan Resmi

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Pertamina Imbau Warga Kalsel Beli LPG di Pangkalan Resmi Foto: Dok. Pertamina
Banjarmasin - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan LPG 3 kg di Kota Banjarmasin dalam kondisi aman. Dari hasil pantauan, suplai LPG di wilayah Banjarmasin normal dengan realisasi rata-rata harian, yaitu sebanyak 19.600 tabung.

Pertamina juga telah melakukan pengecekan di agen, pangkalan, dan beberapa pengecer di wilayah Kota Banjarmasin dan ditemukan bahwa LPG 3 kg masih ada stok dan tidak ada kelangkaan.

Penambahan suplai juga telah dilakukan pada Januari 2019 sebanyak tiga tahap hingga 25.760 tabung untuk wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar. Terutama di Kota Banjarmasin, suplai telah ditambah sebanyak 12.320 tabung atau 63 persen dari realisasi normal rata-rata harian.

"Kami akan lakukan suplai LPG 3 kg sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat dan kami sangat mengimbau masyarakat untuk langsung membeli ke lembaga penyalur resmi LPG Pertamina, yaitu pangkalan. Harga tetap terkontrol dan kualitasnya terjamin," ujar Region Manager Comm & CSR Kalimantan Yudi Nugraha, dalam keterangan tertulis, Senin (21/1/2019).


Dalam minggu ini, lanjutnya, akan dilakukan operasi pasar di beberapa kelurahan/desa dengan menyediakan total 50.400 tabung dengan rincian di Kota Banjarmasin sebanyak 20.720 tabung, Kabupaten Banjar 13.440 tabung, Kota Banjarbaru 6.720 tabung, dan Kabupaten Barito Kuala 9.520 tabung.

Di wilayah Kota Banjarmasin, terdapat 11 agen dan 517 pangkalan yang siap penuhi kebutuhan LPG masyarakat.

"Kami juga berharap bahwa masyarakat yang tidak berhak menggunakan LPG 3 kg untuk segera beralih ke Bright Gas. Masyarakat yang berhak pun akan mendapatkan LPG subsidi tersebut," pungkas Yudi.

Untuk mengantisipasi adanya penimbunan LPG 3 Kg di masyarakat dan pemerataan, diberlakukan mekanisme pembelian LPG 3 kg, yaitu satu orang berhak membawa maksimal dua tabung dengan menukarkan kupon atau menunjukkan fotokopi KTP dan KK. Mekanisme ini diberlakukan sejak akhir 2018.


(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed