DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 11:49 WIB

Tentang Herman, Tukang Cukur Rambut Jokowi di Garut yang Disorot Lawan

Tim detikcom - detikNews
Tentang Herman, Tukang Cukur Rambut Jokowi di Garut yang Disorot Lawan Herman (kanan) tukang cukur Jokowi (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) disindir kubu Prabowo Subianto karena membawa tukang cukur dari Jakarta saat cukur rambut di Garut. Siapa Herman, tukang cukur yang memangkas rambut Jokowi itu?

Herman memangkas rambut Jokowi di pinggir Danau Situbagendit, Garut, Jawa Barat pada Sabtu (19/1/2019). Saat itu, Jokowi berpartisipasi di acara cukur massal.

Usai potong rambut, Jokowi sempat bercerita tentang tukang cukurnya yang bernama Herman. Herman adalah langganan Jokowi sejak masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia adalah pria asal Bantarjati, Garut. Jadi sebenarnya bisa dikatakan Herman adalah tukang cukur asgar, alias asli Garut.



"Mas Herman ini tukang cukur saya di Jakarta. Sudah berapa? Enam tahun ya? Sejak gubernur di Jakarta. Mas Herman ini kebetulan memang dari Garut," kata Jokowi

Jokowi sendiri punya lebih dari 1 tukang cukur langganan. Dia juga kerap potong rambut di Bogor dengan Jumadi dan seorang tukang cukur langganan lagi di Solo sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kembali ke Herman, perkenalannya dengan Jokowi adalah lewat putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Seperti ditulis detikX dalam 'Kisah Para Tukang Cukur Langganan Presiden RI' pada 5 Januari 2017, Herman bekerja di Shortcut Barberia, Grand Indonesia. Kaesang kerap cukur rambut di situ.



"Mas Kaesang juga kenal dengan Pak Marcello Decaran, pemilik Shortcut," kata Herman dalam wawancara dengan detikX.

Tentang Herman, Tukang Cukur Rambut Jokowi di Garut yang Disorot LawanFoto: Herman, tukang cukur rambut Jokowi (Pasti Liberti/detikX)


Pada Januari 2013, Jokowi sedang mencari tukang potong rambut. Marcello, yang kemudian menerima permintaan ajudan Jokowi via telepon, meminta Herman segera bersiap menuju rumah dinas Gubernur Jakarta di Taman Suropati. Sempat menunggu 2 jam, Herman akhirnya memotong rambut Jokowi.

"Beliau tidak minta model macam-macam, hanya minta dirapiin. Tak butuh lama, hanya 15 menit," ujarnya.



Sejak hari itu, secara rutin sebulan sekali, Herman dipanggil ke rumah dinas gubernur. Ketika Jokowi akhirnya terpilih menjadi presiden, Herman tak menyangka masih mendapat kepercayaan tersebut. Malam hari setelah Jokowi dilantik, Herman diminta datang ke Istana Negara. Sambil dijaga Paspampres, Herman memotong rambut Jokowi.

"Deg-degan banget. Walaupun udaranya dingin, tetap saja keringetan. Padahal sudah biasa motong beliau," kata Herman.



Relasi Jokowi dan Herman ternyata tidak luntur hingga Jokowi hampir 5 tahun menjabat sebagai presiden. Tapi, ternyata aksi Herman memangkas rambut Jokowi di Garut, kota asalnya, menjadi sindiran di media sosial.

"Cukur rambut di Garut, bawa tukang cukur dari Jakarta. Bangun Pabrik di Sulawesi, bawa Buruhnya dari Luar Negeri," tulis Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak di Twitter, Senin (21/1/2019).


Simak Juga 'Pak Jokowi Anteng Banget Potong Rambut di Tukang Cukur Asgar':

[Gambas:Video 20detik]


Tentang Herman, Tukang Cukur Rambut Jokowi di Garut yang Disorot Lawan

(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed