DetikNews
Minggu 20 Januari 2019, 17:01 WIB

BNI Dukung Pengembangan BUMDes di Garut

Mega Putra Ratya - detikNews
BNI Dukung Pengembangan BUMDes di Garut Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Salah satunya dengan pembentukan dan pengembangan BUMDes.

"Terkait kerja sama Kemendesa dengan BNI, memang selama ini ditujukan untuk keperluan pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa. Kemendesa bekerja sama dengan BNI bertujuan untuk mendorong pembentukan dan pengembangan BUMDes di seluruh Indonesia, sehingga seluruh program yang masuk ke desa benar-benar didukung oleh kelembagaan ekonomi yang kuat di desa seperti BUMDes," ujar Corporate Secretary BNI Kiryanto dalam keterangannya, Minggu (20/1/2019).


Kiryanto menjelaskan bentuk-bentuk program yang dilakukan meliputi pelatihan pengelola BUMDes dan menjadi BUMDes sebagai agen 46. BNI bisa memanfaatkan BUMDes sebagai agen tanpa harus membuka cabang atau unit baru yang membutuhkan biaya tinggi tetapi cukup dengan bermitra dengan BUMDes.

"Selain itu BNI juga memberikan KUR kepada mitra usaha BUMDes yang ada di desa-desa," jelasnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan program kerja sama pengembangan BUMDes, BNI memberikan dukungan pembiayaan pelatihan. Dukungan tersebut merupakan dukungan kepada mitra kerja BNI dalam konteks kerja sama yang bersifat bisnis antarlembaga, sebagaimana BNI melakukan dengan lembaga-lembaga lainnya.


"Terdapat beberapa program lain yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di Garut, yang dilakukan oleh BNI bekerja sama dengan beberapa instansi seperti program Kewirausahaan Petani, Program Mekaar Naik Kelas, Kegiatan Mengawal Musim Tanam Okmar 2018/2019, serta Kegiatan Serap Gabah telah dilakukan di banyak titik di wilayah Indonesia dan telah dilaksanakan dan dimulai sejak beberapa tahun lalu," pungkasnya.
(ega/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed