DetikNews
Jumat 18 Januari 2019, 18:33 WIB

Jokowi Tinjau Bantuan Rusun di Ponpes Ustaz Adi Hidayat Belajar

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Tinjau Bantuan Rusun di Ponpes Ustaz Adi Hidayat Belajar Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan rusun di Ponpes Darul Arqam di Garut, Jawa Barat (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Garut - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Arqam di Garut, Jawa Barat. Jokowi meninjau pembangunan rumah susun di ponpes yang pernah menjadi tempat belajar Ustaz Adi Hidayat.

Jokowi meninjau Rusun Ponpes Darul Arqam di Jalan Ciledug, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019) sore. Dia ditemani oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Kehadiran Jokowi disambut antusias para santri. Sebagian ada yang melantunkan selawat Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang memainkan marching band.

Setelah menyapa para santri, Jokowi langsung masuk meninjau rusun didampingi Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, pimpinan Ponpes Darul Arqam Ruhan Latief, dan penasihat Ponpes Darul Arqam Iyeth Mulyana.

Rusun Ponpes Darul Arqam tersebut dibangun dengan bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp 6,9 miliar pada 2018. Saat ini progres pembangunan telah mencapai 97 persen.

Jokowi sempat meninjau ke salah satu kamar di rusun tersebutJokowi sempat meninjau ke salah satu kamar di rusun tersebut (Foto: Ray Jordan/detikcom)


Rusun itu terdiri dari 3 lantai, 12 barak, dan bisa ditempati oleh 216 santri. Jokowi masuk ke dalam salah satu kamar.

Di sana tersusun beberapa tempat tidur bertingkat lengkap dengan kasus, bantal, dan selimut. Juga terdapat lemari pakaian.

"Mengecek saja pembangunan rusun-rusun yang ada di pondok pesantren, sekolah-sekolah, perguruan tinggi kualitasnya seperti apa, kekurangannya apa, untuk evaluasi ke depan," kata Jokowi kepada wartawan.

"Saya lihat kalau kita lihat sekarang desain di luar bagus, dalamnya juga bagus. Yang di sini saya lihat kualitasnya baik," imbuhnya.


Jokowi mengatakan setiap tahun dia akan menambah jumlah rusun yang tersebar di pesantren berbagai wilayah Indonesia. "Tahun ini malah bukan hanya rusun saja, kita juga tambah BLK. Ada mungkin seribuan BLK yang ingin kita bangun dari sini," katanya.

Jokowi juga mengetahui soal kredibilitas Ponpes Darul Arqam tersebut. Dia tahu ponpes tersebut mencetak lulusan yang berkualitas.

"Alumninya Ustaz Adi Hidayat, kemudian Ustaz Antoni Raja Juli (Sekjen PSI-red). Banyak di sini," katanya.
(rjo/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed