DetikNews
Jumat 18 Januari 2019, 15:40 WIB

KRI Usman Harun Tangkap Kapal Ikan Asing Vietnam di Laut Natuna

Elza Astari Retaduari - detikNews
KRI Usman Harun Tangkap Kapal Ikan Asing Vietnam di Laut Natuna Foto: KRI Usman Harun menangkap illegal fishing (ist.)
Natuna - KRI Usman Harun-359 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam yang diduga melakukan illegal fishing di Landas Kontinen Indonesia. Pengejaran dilakukan oleh tim dari TNI AL.

Berdasarkan siaran pers Koarmada I yang diterima detikcom, Jumat (18/1/2019), penangkapan berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli sektor di Wilayah Perairan Indonesia mendapatkan kontak kapal pada posisi 05 57,3 U - 106 45,3 T, tepatnya di Landas Kontinen Indonesia pada Rabu (16/1). Menindaklanjuti hal tersebut, KRI Usman Harun-359 melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (Jarkaplid).

"Dilanjutkan dengan peran pemeriksaan dan pnggeledahan terhadap muatan, personel dan dokumen kapal tersebut," ujar Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho.

Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal KIA Fau Cau Tom (BL 93908 TS), Kebangsaan Vietnam, Jenis KIA, Jumlah ABK 8 orang (WN Vietnam). Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, Kapal KIA Fau Cau Tom (BL 93908 TS) diduga melakukan pelanggaran karena melaksanakan aktivitas perikanan di Landas Kontinen Indonesia.

"Atas dasar dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan memerintahkan agar KIA Vietnam tersebut di adhoc ke Pangkalan terdekat dalam hal ini Lanal Ranai untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut," katanya.


(asp/ear)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed