Pasca-erupsi, Siang Ini Gunung Agung Mulai Tenang

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 18 Jan 2019 11:36 WIB
Foto: Angga Aliya ZRF
Denpasar - Setelah sempat bererupsi, kini kondisi Gunung Agung, Bali, mulai tenang. Siang ini tak terpantau adanya aktivitas gempa di seismograf.

"Cuaca berawan, gunung jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 200 m di atas puncak kawah," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana kepada wartawan, Jumat (18/1/2019).

Devy menambahkan, pada pukul 06.00-12.00 Wita, tak terpantau adanya aktivitas kegempaan di Gunung Agung. Meski begitu, status Gunung Agung belum diturunkan dari Siaga sehingga warga diminta tetap waspada.

"Kegempaan nihil. Rekomendasi masyarakat di Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru," tuturnya.

Masyarakat yang bermukim ataupun beraktivitas di sekitar aliran sungai juga diminta waspada dengan potensi ancaman lahar hujan. Apalagi saat ini sedang musim hujan.

"Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi, terutama pada musim hujan, dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung," imbaunya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Agung sempat mengalami erupsi yang menyebabkan beberapa wilayah diguyur hujan abu pada Minggu (13/12) lalu. (ams/asp)