Amien Rais Nilai Jokowi Blunder soal Pilgub DKI: Kata Ahok Dibiayai Pengusaha

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 18 Jan 2019 01:14 WIB
Amien Rais (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Dewan Pembina BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Amien Rais, menyebut capres petahana Joko Widodo (Jokowi) blunder saat mengaku tak mengeluarkan duit di Pilgub DKI 2012. Amien menyebut Jokowi dibiayai oleh pengusaha.

"Dan yang kedua yang saya melihat blunder Pak Jokowi itu mengatakan 'waktu pilkada saya tanpa biaya' itu. Yang kita tahu, kata Ahok, yang membiayai pengusaha-pengusaha," ujar Amien di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).




Amien memuji Prabowo yang, menurutnya, tidak terpancing. Prabowo memang sempat menyela pertanyaan Jokowi mengenai jumlah mantan napi korupsi yang maju dalam pileg dari Gerindra.

"Cuma saya bangga dengan Pak Prabowo, tidak terpancing, tidak emosional sama sekali gitu. Bahkan Pak Jokowi kok tuduh-tuduh," kata Amien.






Saat debat perdana, Jokowi sempat menyinggung soal biaya politik saat maju jadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI. Jokowi memang menyebut tak mengeluarkan duit saat maju di Pilgub DKI.

"Saya saat pemilihan wali kota, anggaran kecil, waktu gubernur di DKI saya tidak gunakan uang sama sekali. Pak Prabowo juga tahu mengenai itu. Ketua partai tahu," ujar Jokowi di panggung debat, Hotel Bidakara, Jakarta.



Simak juga video 'Amien Rais Kritik Ma'ruf Amin dan Prabowo di Debat Perdana':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/fdn)