DetikNews
Kamis 17 Januari 2019, 21:54 WIB

Cek Fakta Debat Pilpres 2019

Prabowo Mengaku Bentuk Antiteror Pertama Bareng Luhut, Apa Satuannya?

Tsarina Maharani - detikNews
Prabowo Mengaku Bentuk Antiteror Pertama Bareng Luhut, Apa Satuannya? Prabowo Subianto (Aprillio Akbar/Antara Foto)
Jakarta - Prabowo Subianto menyebut dirinya merupakan spesialis antiteror ketika masih aktif bertugas di satuan TNI. Dia bahkan mengaku membentuk pasukan antiteror pertama bersama Luhut Binsar Pandjaitan, yang kini merupakan Menko Kemaritiman di Kabinet Kerja.

"Jadi waktu saya masih muda, spesialisasinya adalah bidang antiteror. Saya bersama Pak Luhut Panjaitan membentuk pasukan antiteror pertama. Jadi saya mengerti dan paham," kata Prabowo dalam debat capres-cawapres di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta, Selatan. Pernyataan ini dilontarkan capres nomor urut 02 itu ketika memasuki tema terorisme.




Pasukan antiteror yang dimaksud Prabowo adalah Sat-81 Gultor atau Den-81 Gultor (Penanggulangan Teror). Pasukan ini dibentuk pada 30 Juni 1982. Pasukan ini merupakan yang 'tertua' jika dibandingkan pasukan elite antiteror lainnya di Indonesia.

Sat-81 berawal dari keberhasilan Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha/Kopassus) membebaskan sandera oleh teroris yang membajak pesawat Garuda DC-9 Woyla di Thailand pada 31 Maret 1981. Operasi Kopassandha tersebut di bawah komando Benny Moerdani, yang saat itu menjabat Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) ABRI.


Luhut Binsar Pandjaitan merupakan komandan pertama Sat-81 . Sementara itu, Prabowo menjabat sebagai wakil. Di masa awal pembentukan Sat-81, Luhut dan Prabowo harus dikirim ke GSG-9 (Grenzschutzgruppe-9) Jerman untuk mempelajari upaya penanggulangan teror.

Sekembali ke Indonesia, keduanya dipercaya menyeleksi dan melatih para prajurit Kopassandha, yang akan ditugaskan bergabung ke Sat-81.

Ciri khas dari pasukan ini adalah bergerak dalam unit kecil dengan durasi penyelesaian singkat dalam menanggulangi serangan teroris. Bunyi visi-misi Sat-81 adalah: tidak diketahui, tidak terdengar, dan tidak terlihat.


Simak Juga 'Visi-Misi Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi di Debat Perdana':

[Gambas:Video 20detik]


Prabowo Mengaku Bentuk Antiteror Pertama Bareng Luhut, Apa Satuannya?

(tsa/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed