Kokain Asisten Didapat di Belanda, Ini Alasan Polisi Periksa Ivan Gunawan

Roland - detikNews
Kamis, 17 Jan 2019 12:37 WIB
(Foto: Roland/detikcom)
(Foto: Roland/detikcom)
Jakarta - Polisi menyatakan urine Ivan Gunawan negatif narkoba dan tidak terlibat dalam kasus kokain yang menjerat asistennya berinisial AJA (36). Polisi memeriksa Ivan untuk mengetahui aktivitas Ivan dan asistennya selama di Belanda.

"Jadi pada hari ini kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap saudara Ivan Gunawan yang mana AJ merupakan asisten dari Ivan Gunawan. Tadi kami klarifikasi terkait dengan asal usul narkoba yang diperoleh AJ. menurut BAP yang kami dapatkan AJ mendapatkan narkoba dari jaringan di Belanda," kata Kasat Narkoba Polres Jakbar AKBP Erick Frendriz di Mapolres Jakbar, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Kamis (17/1/2019).



Erick mengatakan, Ivan dan asistennya tinggal di tempat yang terpisah saat berada di Belanda. Menurut Erick, Ivan tidak mengetahui aktivitas AJA saat memesan kokain di Belanda.

"Dari hasil BAP, saudara Ivan menyatakan bahwa selama di Belanda, mereka ini berpisah, AJ tinggal sendiri, Ivan nginep di hotel yang berbeda sehingga Ivan tidak mengetahui hal pekerjaan yang ada di Belanda. Jadi AJ murni ketemu orang itu tanpa pengetahuan Ivan," tuturnya.


Dia menjelaskan AJA menerima kokain Belanda dari seorang kurir. Menurut Erick, kasus yang menjerat AJA ini merupakan bagian dari jaringan kokain internasional.

"AJ kemudian balik ke Indonesia. AJ menerima barang tersebut dari seorang kurir. Apa kaitannya dengan Ivan? karena AJ ke Belanda itu bersamaan dengan Ivan. Jadi kita memanggil Ivan. Kami perlu klarifikasi apakah Ivan melihat mengetahui siapa yang bertemu dengan AJ," ujarnya.

Seusai diperiksa, Ivan sempat bertemu AJA di Mapolres Jakbar. Menurut Erick, AJA meminta bantuan kepada Ivan atas kasus yang menjeratnya.

"Tadi mereka ketemu tidak dalam rangka pemeriksaan, jadi kita tidak bisa sampaikan di sini, itu pribadi mereka. Tadi disampaikan oleh Ivan bahwa mereka ketemu, saudara AJ menyesal, minta maaf dan minta tolong dibantu. Tadi sudah disampaikan oleh Ivan jawabannya apa," imbuhnya.


Sebelumnya, Polres Jakbar menangkap AJA terkait kasus narkoba. Polisi menemukan barang bukti kokain dan ekstasi saat penangkapan.

"Ya benar, kita amankan seorang berinisial AJA di rumah kos kamar 23, Jalan H Najihun No 1A (Dwijaya), Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan," ucap Kasat Reskrim Narkoba AKBP Erick Frendriz dalam keterangannya, Rabu (16/1).

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui hasil tes urine Ivan Gunawan di sini:

[Gambas:Video 20detik]

AJA ditangkap pada Senin (14/1) oleh tim dari Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat. Polisi mengamankan beberapa barang bukti dari AJA.

"Barang bukti 1 paket serbuk kokain, 2 paket serbuk MDMA, dan 1 pil ekstasi," ujarnya.



Kokain Asisten Didapat di Belanda, Ini Alasan Polisi Periksa Ivan Gunawan



(knv/fjp)