BPBD Lombok Barat Sosialisasikan Teknis Rehabilitasi Pascagempa ke Babinsa

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 17 Jan 2019 02:40 WIB
Foto: dok. TNI AD
Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat menggelar sosialisasi petunjuk teknis rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak ringan dan berat pascagempa bumi. Kegiatan ini dilakukan karena pentingnya keberadaan fasilitator dan Babinsa dalam penanganan bencana.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang fasilitator dan Babinsa di aula kantor Camat Lingsar, Lombok Barat, Rabu (16/1/2019). Acara ini dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Kasiter Letkol Arh Budiono, Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Djoko Rahmanto, Kepala BPBD Kabupaten Lobar, dan Danramil Kodim 1606/Lobar.


Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan keberadaan para fasilitator dan Babinsa ini dalam rangka membantu masyarakat dalam percepatan proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah. Selain itu, mereka ditugasi membantu dan mengarahkan masyarakat membuat rencana anggaran dan biaya (RAB) kebutuhan.

"RAB tidak mesti diketik dengan komputer, diberi kemudahan bisa ditulis tangan, dengan maksud mempercepat dan mempermudah proses pencairan," kata Rizal.


Rizal mengatakan pembuatan RAB oleh fasilitator dan Babinsa ini penting. Sebab, dengan begitu, pencairan dana bantuan akan lebih cepat diproses.

"Setelah ini dalam waktu satu atau dua minggu ke depan, RAB sudah dibuat dan dicatat penggunaan anggarannya pada masing-masing pokmas yang sudah terbentuk," ujarnya.

Danrem 162/WB berharap para fasilitator dan Babinsa tetap bersemangat membantu masyarakat sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dengan kerja sama yang baik di lapangan.


Simak juga video 'Anggaran Bencana di Tahun 2019 Naik Jadi Rp 15 Triliun!':

[Gambas:Video 20detik]


BPBD Lombok Barat Sosialisasikan Teknis Rehabilitasi Pascagempa ke Babinsa
(mae/ibh)