DetikNews
Rabu 16 Januari 2019, 08:39 WIB

Sebar Hoax Kerusuhan Bentrok Warga, Pria di Gorontalo Dibekuk

Ajiz - detikNews
Sebar Hoax Kerusuhan Bentrok Warga, Pria di Gorontalo Dibekuk
Gorontalo - Pemuda asal Desa Ikhwan, Kecamatan Dumoga Bolmong, Sulawesi Utara, Jod (23), diciduk Satreskim Polres Gorontalo Kota. Ia membuat hoax kejadian kecelakaan lalu lintas dan bentrokan.

"Selasa (15/1/2019) sore kemarin kita sudah mengamankan yang bersangkutan. Pemuda itu diamankan sehubungan berita hoax yang disebarkan melalui media sosial," ucap Kasat Resekrim Polres Gorontalo Kota AKP Hendy Senonugroho kepada wartawan, Rabu (16/1).


Melalui media sosial di akun Facebook miliknya, Jod membagikan video korban kecelakaan kendaraan bermotor yang dalam keterangan video tersebut yang bersangkutan menulis kejadian di terminal 42 Kota Gorontalo.

"Tak hanya itu, dia juga menulis bahwa korban tersebut merupakan korban penganiayaan benda tajam akibat bentrokan antarkelompok preman. Tapi, setelah kami cek di TKP, ternyata kejadian tersebut tidak benar," jelas Hendy.

Saat diperiksa, Kata Hendy, pelaku mengaku mengunggah kejadian hoax itu untuk mencari sensasi di media sosial.

"Tersangka saat ini diamankan di Satreskrim Polres Gorontalo Kota guna proses lebih lanjut," imbuh Hendy.


Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono mengingatkan seluruh masyarakat agar bijaksana dalam menggunakan media sosial.

"Kepada seluruh masyarakat, kembali saya ingatkan agar gunakan media sosial secara bijaksana, jangan mudah menyebarkan berita hoax. Dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana telah diatur bagi barang siapa menjadi penyebar berita hoax atau bohong yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat dapat dikenai sanksi pidana 3 sampai 10 tahun," kata Wahyu.


Simak juga video 'Ngabalin ke Prabowo: Jangan Kebelet Pakai Data Hoax!':

[Gambas:Video 20detik]


Sebar Hoax Kerusuhan Bentrok Warga, Pria di Gorontalo Dibekuk

(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed