KPU Jadikan Ancaman 'Gempuran' Amien Rais sebagai Motivasi

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 15 Jan 2019 17:05 WIB
Komisioner KPU Viryan Aziz (Dwi/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengancam akan menggempur KPU jika ada kecurangan. Menanggapi pernyataan itu, KPU mengatakan pernyataan Amien Rais akan digunakan sebagai motivasi untuk bekerja jujur dan adil.

"KPU menjadikan pernyataan Pak Amien sebagai motivasi untuk semakin bekerja terbaik menyiapkan penyelenggaraan pemilu yang jurdil (jujur adil) secara terbuka, profesional, dan akuntabel," kata Komisioner KPU Viryan Aziz saat dihubungi, Selasa (15/1/2019).

Viryan mengatakan KPU bekerja dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang demokratis dan konstitusi. Ia juga membantah pernyataan Amien Rais mengenai 31 juta daftar pemilih bodong.


"KPU bekerja dengan berpegang kepada konstitusi dan prinsip-prinsip pemilih yang demokratis, salah satunya adalah prinsip luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur dan adil). Terkait data 31 juta daftar pemilih bodong, tidak ada data seperti tersebut," ungkap Viryan.


Sebelumnya, Amien Rais mengawasi KPU dalam Pemilu 2019. Anggota Dewan Pembina Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu mengancam akan menggempur KPU jika ada kecurangan.

"Awas kalau sampai KPU curang, ya, kita, kita gempur bersama-sama. Kita lebih pandai dari pemerintah. Bayangkan, 31 juta daftar (pemilih) bodong, banyak sekali, ini kan nggak masuk akal. KTP elektronik dibuang di tong sampah, di semak, di sawah, kan kurang ajar. Jadi saya memang tidak main-main mengatakan, awas kalau KPU curang dan kita punya bukti saya kira. Kita lindas insyaallah ya. Dan ini kita sudah pikir tak boleh leha-leha tinggal 90 hari lagi," kata Amien di Seknas Prabowo-Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1).



Saksikan juga video 'Amien Rais Ancam KPU: Awas Kalau Curang, Kita Gempur Bersama-sama!':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/elz)